Find Us On Social Media :

Diabetes dan Harapan Hidup Pendek, Mengakhiri Mitos Dengan Mengubah Gaya Hidup

Dengan mengubah gaya hidup, misalnya mulai rajin berolahraga, penyandang diabetes dapat hidup lebih lama.

GridHEALTH.id - Bertahun-tahun lamanya diabetes telah dikaitkan dengan rentang hidup yang lebih pendek dari rata-rata dan kualitas hidup yang lebih rendah bagi orang-orang dengan kondisi tersebut.

Namun ternyata, ketika diabetes dikelola dengan baik, seringkali tidak demikian. Dengan alat, sikap, dan sistem pendukung yang tepat, siapa pun dengan diabetes dapat mengubah 'takdir' kesehatan mereka.

Memang benar bahwa, ketika mempertimbangkan komplikasi kardiovaskular terkait jantung, pria dan wanita dengan diabetes cenderung memiliki tingkat kematian dini yang lebih tinggi daripada rekan-rekan mereka yang tidak menderita penyakit tersebut, menurut penelitian.

Tetapi juga benar bahwa tidak ada dua orang dengan diabetes yang sama, dan bagaimana seseorang mengelola gula darahnya adalah kunci ketika melihat bagaimana penyakit tersebut dapat mempengaruhi rentang hidup.“Memiliki diabetes tidak serta merta mengubah harapan hidup seseorang. Begitulah perkembangan diabetes. Untuk setiap individu, diabetes akan berkembang secara berbeda,” kata Joanne Rinker, RD, CDE, Direktur Edukasi di American Association of Diabetes Educators.

Baca Juga: Diabetes Tipe 1 Tidak Sama Dengan Tipe 2, Ketahui Cara Membedakannya

“Jika perkembangannya sangat lambat, karena diabetes sangat individual, mungkin sangat lambat sehingga tidak mempengaruhi harapan hidup mereka sama sekali.”Alih-alih hanya memikirkan bagaimana diabetes akan memengaruhi rentang hidup, para ahli menyarankan agar orang dengan kondisi tersebut harus melihat lebih luas pada kesehatan mereka secara keseluruhan.

“Diabetes bukanlah penyakit tunggal yang harus diwaspadai. Fokus pada bagaimana Anda dapat meningkatkan berbagai faktor risiko yang dapat memengaruhi fungsi jantung dan organ lainnya,” kata Medha Munshi, MD, Direktur Program Diabetes Geriatri di Joslin Diabetes Center di Boston. “Penting untuk berpikir, 'Faktor-faktor apa yang akan memengaruhi panjang hidup saya?'”Beberapa faktor, seperti gen, tidak dapat diubah, tetapi mengubah pola makan, olahraga, dan kebiasaan merokok dapat memiliki efek kesehatan yang positif dalam mengelola diabetes.

Dan hal ini telah dikaitkan dengan peningkatan rentang hidup, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juni 2019 dalam jurnal Diabetic Medicine.

Baca Juga: Lansia Perlu Prioritas Mendapatkan Vaksin Booster, Ini Alasannya

Banyak orang hidup dengan diabetes selama bertahun-tahun sebelum didiagnosis, tetapi begitu mereka didiagnosis, mereka sangat terkejut mendengar diagnosisnya secara langsung.

Tetapi bagi mereka yang berpikir dan bertindak positif, alih-alih tenggelam dalam ketakutan, mereka melakukan berbagai upaya penyehatan, sehingga banyak orang mungkin benar-benar menemukan kualitas hidup mereka lebih baik daripada sebelum diagnosis.“Begitu mereka didiagnosis dan mengambil tindakan,apakah tindakan itu hanya perubahan perilaku karena mereka tidak menderita diabetes dalam waktu lama, atau perubahan perilaku yang dikombinasikan dengan rejimen pengobatan, mereka merasa bahwa mereka memiliki kualitas hidup yang jauh lebih tinggi setelah mereka didiagnosis, ”kata Rinker.

“Yang penting untuk diingat, tanpa adanya penyakit kardiovaskular, harapan hidup akan bergantung pada perkembangan diabetes,” kata Rinker. Ini berarti penting untuk mengasup makanan dan minuman yang dengan baik, berolahraga, dan minum obat jika direkomendasikan oleh dokter.Sama pentingnya, pastikan untuk mencegah atau mengelola kondisi tambahan apa pun, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau peradangan kronis.