Find Us On Social Media :

Tenggorokan Sakit Gegara Covid-19 Konsumsi 5 Bahan Alami Ini, Bantu Redakan Gejala

Obat Covid-19 alami untuk mengatasi sakit tenggorokan.

GridHEALTH.id – Tenggorkan yang gatal dan sakit, harus diwasapadai karena bisa jadi merupakan salah satu gejala Covid-19 varian Omicron.

Seperti yang diketahui, gejala Covid-19 varian Omicron yang saat ini sedang menyebar luas di Indonesia ataupun negara-negara lainnya, mirip dengan flu biasa.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh ZOE, salah satu gejala yang umum terjadi pada pasien Covid-19 varian Omicron adalah sakit tenggorokan.

Jika mengalami sakit tenggorokan dan disertai dengan hidung meler dan bersin-bersin, tak ada salahnya untuk melakukan tes PCR untuk memastikan kondisi kesehatan.

Selagi menunggu hasil tes PCR, sakit tenggorokan bisa diredakan dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini di rumah.

1. Air garam

Melansir pennmedicine.org, Senin (07/02/2022), air garam mungkin tidak akan memberikan efek melegakan tenggorokan secara langsung, tapi tetap efektif untuk membunuh bakteri, menghilangkan lendir, dan meredakan rasa sakit.

Caranya simpel, cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur.

2. Madu

 Baca Juga: Efek Samping Obat Covid-19 Favirapir dan Molnupiravir, Karenanya Butuh Pengawasan Dokter

Madu juga merupakan obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan yang menjadi salah satu gejala varian Omicron.

“Madu merupakan salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alami yang selalu berkerja sebagai penyembuh luka, meredakan rasa sakit sambil bekerja untuk mengurangi peradangan,” kata Charlotte Smit, MD, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia.