Find Us On Social Media :

Siklus Menstruasi Normal Pada Wanita, Perhatikan 4 Fase Penting Ini

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang normal dialami wanita.

GridHEALTH.idSiklus menstruasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan urutan peristiwa yang terjadi dalam tubuh wanita saat mempersiapkan kemungkinan kehamilan setiap bulannya.

Menurut laman betterhealth.vic.gov.au, panjang rata-rata siklus menstruasi yang normal adalah 28-29 hari.

Namun, siklus dapat berkisar dari 21 hari sampai sekitar 35 hari, ini dapat bervariasi pada setiap wanita dan dari satu siklus ke siklus berikutnya.

Panjang siklus menstruasi dihitung dari hari pertama wanita menstruasi hingga hari sebelum periode berikutnya dimulai.

Setiap bulan, tubuh wanita akan melakukan proses ovulasi yakni proses dimana salah satu ovarium akan melepaskan sel telur.

Pada saat yang sama, perubahan hormonal berfungsi mempersiapkan rahim untuk kehamilan.

Jika ovulasi terjadi dan sel telur tidak dibuahi, lapisan rahim kemudian akan dikeluarkan vagina dan proses inilah yang disebut sebagai menstruasi.

Akan tetapi selain untuk merencanakan kehamilan, melacak siklus menstruasi penting dilakukan oleh setiap wanita yang sudah masuk masa pubertas.

Gunanya adalah untuk mengetahui apakah siklus menstruasi mereka normal atau tidak.

Baca Juga: Penyebab Vagina Gatal Saat Menstruasi Menurut Ahli, Juga Cara Mencegahnya

Meski siklus menstruasi yang tidak teratur jarang menandakan masalah serius, tetapi terkadang hal itu menandakan adanya masalah kesehatan.

Melansir laman my.clevelandclinic.org (25/8/2019), siklus menstruasi normal dan teratur ditandai dengan durasi yang sama setiap bulannya.