Find Us On Social Media :

Pubertas Sebelum Waktunya, Ini Tanda-tanda Anak Menunjukkan Pubertas Dini

Pubertas dini bisa mempengaruhi fisik dan mental anak.

GridHEALTH.id - Pubertas dini adalah kondisi di mana penampilan anak mulai berkembang menjadi dewasa karena perubahan fisik dan hormonal pada usia yang lebih awal dari yang diperkirakan.

Perubahan tersebut termasuk pertumbuhan tulang dan otot yang cepat, perubahan bentuk dan ukuran tubuh, pendalaman suara, dan perkembangan kemampuan tubuh untuk bereproduksi, kata Dr. Bharathi Ramesh, Konsultan Senior Ahli Obstetri & Ginekologi, Rumah Sakit Ibu, Banashankari, Bangalore, dikutip dari Indian Times (12/02/2022).

Dia menambahkan, "Pubertas dimulai ketika tubuh melepaskan sinyal hormonal yang disebut gonadotropin yang merangsang pertumbuhan kelenjar seks (gonad) yaitu, ovarium pada seorang gadis, testis pada anak laki-laki. Saat pubertas dimulai sebelum usia 8 tahun pada anak perempuan. dan usia 9 tahun pada anak laki-laki, itu dianggap pubertas sebelum waktunya."

Sebagian besar anak yang menderita kelainan ini awalnya tumbuh dengan cepat, tetapi mereka juga berhenti tumbuh sebelum mencapai potensi tinggi genetik penuh mereka.

Pubertas dini sentral, pubertas dini perifer, dan pubertas dini tidak lengkap adalah tiga jenis pubertas dini yang mempengaruhi seorang anak.

Pubertas dini sentral: Ini terjadi ketika hormon seks dilepaskan terlalu dini. Namun, dalam banyak kasus, alasan di balik pelepasan hormon lebih awal masih belum diketahui. Trauma otak, tumor hipotalamus, atau infeksi otak menyebabkan pubertas dini yang sentral.

Pubertas dini perifer: Terjadi karena masalah pada organ reproduksi yaitu ovarium dan testis atau paparan hormon dari lingkungan sekitarnya. Setiap masalah dengan kelenjar adrenal juga dapat menyebabkan pubertas dini perifer.

Pubertas tidak lengkap: Adalah ketika seorang anak hanya memiliki beberapa tanda pubertas dini seperti perkembangan payudara yang sangat dini pada gadis-gadis muda atau pertumbuhan rambut tubuh pada anak laki-laki dan perempuan.

Beberapa tanda dan gejala pubertas dini termasuk jerawat, bau badan, dan lonjakan pertumbuhan pada kedua jenis kelamin.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Pubertas Dini Pada Anak, Seperti yang Dialami Putri Melki Bajaj

Baca Juga: Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Gaya Hidup Sehat

Untuk anak perempuan, perkembangan payudara, menstruasi, dan rambut kemaluan sebelum usia 8 tahun dan untuk anak laki-laki, pendalaman suara, rambut wajah, kemaluan, dan ketiak sebelum usia 9 tahun.