Find Us On Social Media :

Healthy Move, Pentingnya Tes Kebugaran Sebelum Memulai Olahraga Rutin

Mampu sit-up, salah satu tes kebugaran sebelum memulai latihan rutin.

GridHEALTH.id - Mungkin kita termasuk orang yang tidak pernah berolahraga atau pernah berolahraga namun seperti kebanyakan orang yang tidak konsisten di gym, sehingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan tanpa berolahraga.

Meskipun tubuh dan tingkat kebugaran  telah berubah selama waktu ini, tidak jarang untuk kembali ke rutinitas latihan kita merasakan, tubuh kita pasti berbeda dari saat latihan terakhir.

Maka itu, sangat penting bagi kita untuk menilai kebugaran  sebelum memulai program kebugaran apa pun.

Menilai kebugaran mungkin termasuk memeriksa kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, rentang gerak, dan banyak lagi.

Dengan memeriksa statistik ini, kita bisa mengetahui dari mana harus memulai, Berikut adalah tes kebugaran sederhana yang dapat kita lakukan;

1. Mengindentifikasi titik awal

Untuk melihat kebugaran, coba sanggupkah kita melakukan push-up? Berapa jumlahnya selama satu menit? Berapa jarak lari yang dapat kita lakukan selama dua menit? Memulai dengan intensitas rendah sudah cukup menilai sejauh mana kebugaran kita.

2. Mengetahui kondisi tubuh

Tidak selalu mudah untuk mengetahui kapan tubuh kita berfungsi dengan benar. Cedera, seperti rotator cuff yang robek, dapat dengan mudah diidentifikasi.

Baca Juga: Healthy Move, 4 Jenis Latihan dan Kebugaran Aman Untuk Lansia

Baca Juga: Ketahui Cara Mengenali dan Mengatasi Gangguan Pencernaan GERD

Tetapi bagaimana jika rentang gerak di bahu kanan tidak sebagus bahu kiri? Kurangnya rentang gerak atau sesak pada akhirnya dapat menyebabkan cedera dan lebih banyak rasa sakit.