Find Us On Social Media :

10 Penyakit Infeksi Sering Terjadi Pada Anak-anak, Orangtua Harus Tahu

Ketahui penyakit infeksi yang sering menyerang anak-anak.

GridHEALTH.id – Kondisi anak yang sedang sakit tentunya membuat orangtua merasa sangat khawatir.

Penyakit infeksi kerap kali dialami oleh anak-anak, karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih belum sekuat orang dewasa.

Tak hanya itu, anak-anak juga masih sulit untuk menjaga kebersihan dirinya sendiri, sehingga tanpa sadar menggunakan benda yang sudah terkontaminasi oleh virus, bakteri, ataupun parasit.

Saat sedang sakit, anak-anak sering rewel, lemas, dan nafsu makannya berkurang. Sehingga menimbulkan rasa cemas pada orangtua.

Berikut merupakan beberapa jenis penyakit infeksi yang biasa menyerang anak-anak dan gejalanya.

1. Pilek

Pilek atau common cold, merupakan penyakit infeksi yang paling umum dialami oleh anak-anak, dilansir dari wakeforestpediatrics.com, Minggu (27/02/2022).

Ini merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus yang mudah menyebar di lingkungan sekitar. Gejala yang biasanya terjadi yakni demam, badan pegal-pegal, atau sakit kepala.

Kondisi anak umumnya akan membaik dengan sendirinya jika beristirahat dan diberikan air putih, agar tidak dehidrasi. Orangtua juga bisa memberikan obat yang dijual secara bebas di pasaran.

Baca Juga: Percepatan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Didukung Kelompok Swasta

2. Infeksi telinga

Selain pilek, infeksi telinga atau otitis media juga sering dialami oleh anak-anak. Bahkan menurut American Academy of Pediatrics (AAP), anak-anak lebih rentan mengalami masalah kesehatan ini dibanding orang dewasa.