Find Us On Social Media :

10 Langkah Menjalani Gaya Hidup Sehat, Dimulai dari Makanan Bergizi

Perbanyak makanan olahan rumah, bukan jajan, sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

GridHEALTH.id - Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, sangat sedikit orang dewasa yang benar-benar memenuhi kriteria gaya hidup sehat.

Studi yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine pada Februari 2020, menunjukkan bahwa hanya 3% orang dewasa di dunia yang mendapat nilai sempurna dalam empat kriteria dasar untuk hidup sehat.

Hanya 13,8% yang memenuhi tiga kriteria, 34,2% hanya memenuhi dua kriteria. Wanita mendapat skor sedikit lebih baik daripada pria.

Empat kunci kesehatan pada penelitian itu menanyakan, Anda merokok? Apakah Anda mampu mempertahankan berat badan yang sehat (BMI 18-25), atau Anda berhasil menurunkan berat badan untuk mencapai berat badan yang sehat?

Ditanyakan juga apakah Anda makan setidaknya 5 porsi buah dan sayuran setiap hari? Apakah Anda berolahraga 30 menit atau lebih, 5 kali seminggu?

Sebetulnya, sangat mudah menjalani gaya hidup sehat. Berikut adalah 10 langkah  mendapatkan gaya hidup sehat dikutip dari Harvard Medical School;

1. Jaga kebersihan gigi. Sikat dan floss setiap hari untuk menjaga gigi dan gusi  tetap sehat dan bebas dari penyakit.

2. Dapatkan istirahat malam yang baik. Orang yang cukup istirahat tidak hanya mengatasi stres dengan lebih baik, tetapi juga dapat mengontrol nafsu makan mereka dengan lebih baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat "hormon lapar" kita tidak seimbang,  dan mungkin memicu makan berlebihan.

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat Dimulai Sejak Rutin Sarapan, Ini Manfaatnya

Baca Juga: Jangan Khawatir, Anak Dengan Diabetes Bisa Memiliki Masa Depan Cerah

3. Nikmati makanan keluarga biasa. Hal ini memungkinkan orangtua untuk menjadi teladan yang baik, dapat mempromosikan makan yang lebih bergizi. Hindari keseringan jajan di luar.