Find Us On Social Media :

Bayi dari Ibu dengan Diabetes Berisiko Mempunyai Gangguan Kesehatan, Studi

Ibu dengan diabetes selama kehamilan bisa berisiko pada bayi.

GridHEALTH.idDiabetes selama kehamilan, disebut juga dengan diabetes gestasional menjadi salah satu gangguan kehamilan yang bisa terjadi.

Apa penyebab diabetes pada kehamilan? Plasenta memasok janin yang sedang tumbuh dengan nutrisi dan air. Ini juga menghasilkan berbagai hormon untuk mempertahankan kehamilan.

Beberapa hormon ini (estrogen, kortisol, dan laktogen plasenta manusia) dapat memblokir insulin. Ini biasanya dimulai sekitar 20 hingga 24 minggu setelah kehamilan.

Saat plasenta tumbuh, lebih banyak hormon ini diproduksi, dan resistensi insulin menjadi lebih besar.

Biasanya, pankreas mampu membuat insulin tambahan untuk mengatasi resistensi insulin, tetapi ketika produksi insulin tidak cukup untuk mengatasi efek hormon plasenta, terjadi diabetes gestasional.

Kehamilan juga dapat mengubah kebutuhan insulin seorang wanita dengan diabetes yang sudah ada sebelumnya. Ibu yang bergantung pada insulin mungkin memerlukan lebih banyak insulin saat kehamilan berlanjut.

Ada dua jenis diabetes yang terjadi pada kehamilan:

1. Diabetes gestasional. Istilah ini mengacu pada ibu yang tidak menderita diabetes sebelum hamil tetapi mengalami resistensi terhadap insulin karena hormon kehamilan.

2.  Diabetes pregestasional. Istilah ini menggambarkan wanita yang sudah menderita diabetes sebelum hamil, dan tergantung insulin.

Baca Juga: Obat Diabetes Metformin Bisa Mencegah Diabetes Gestasional, Studi

Baca Juga: Jangan Begadang, Ini Manfaatnya Tidur di Bawah Jam 10 Malam, Bebas Penyakit Jantung

Dengan kedua jenis diabetes, dapat terjadi komplikasi pada bayi. Sangat penting untuk menjaga kontrol ketat gula darah selama kehamilan.