Find Us On Social Media :

Penyebab Aneka Varian Baru Covid-19 Bermunculan Selama Pandemi

Penyebab kemunculan varian baru Covid-19.

GridHEALTH.idCovid-19 sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan yang mengkhawatirkan masyarakat dunia.

Sejak terdeteksi pertama kali di Wuhan, China, pada Desember 2019, virus SARS-CoV-2 terus bermutasi dan menghasilkan varian baru.

Seperti yang diketahui, saat ini terdapat lima varian Covid-19 di antaranya Alpha, Beta, Gamma, Delta, dan yang terbaru adalah Omicron.

Bagaimana awal bermunculan varian Covid-19 seperti yang terjadi saat ini?

Baca Juga: Kemenkes Sebutkan, 80 Balita Meninggal Akibat Covid-19 Sejak Omicron Datang

Melansir Johns Hopkins Medicine, Rabu (23/02/2022), munculnya varian virus secara umumnya terjadi saat ada perubahan pada gen virus itu sendiri.

Stuart Ray, M.D., selaku wakil kedokteran untuk integritas dan analitik data di Raj and Kamla Gupta mengatakan, itu merupakan sifat virus RNA, seperti virus corona untuk berevolusi dan berubah secara bertahap.

“Pemisahan geografis cenderung menghasilkan varian yang berbeda secara genetik,” ujarnya.

Tapi ketahuilah, mutasi yang terjadi pada virus bukan merupakan hal yang baru dan tidak terduga.

Baca Juga: Asal Muasal Infeksi Virus Corona Penyebab Covid-19 Sejak 1965, Serta Penyebarannya

“Semua virus RNA bermutasi dari waktu ke waktu, beberapa lebih dari yang lain. Misalnya, virus flu sering berubah, itulah sebabnya dokter menyarankan Anda mendapatkan vaksin flu baru setiap tahun,” jelas Robert Bollinger, M.D., M.P.H, profesor  penyakit menular dari Raj and Kamla Gupta.

Sedangkan varian Covid-19 yang cukup banyak saat ini, menurut Ray dan Bollinger berbeda dibandingkan dengan virus corona yang pertama terdeteksi di China.