Find Us On Social Media :

Diabetes Lansia, Perhatikan Tanda Kondisi Kesehatan Sudah Lampu Merah

Diabetes lansia bisa menyebabkan kondisi kesehatan serius.

GridHEALTH.id - Diabetes pada lansia dapat menyebabkan sejumlah komplikasi serius, mulai dari penyakit kardiovaskular hingga kebutaan. Salah satu yang paling akut dan mendesak adalah ketoasidosis diabetik (DKA), yang dapat mengancam jiwa.

Ini terjadi ketika gula darah secara konsisten terlalu tinggi karena tidak ada cukup insulin dalam tubuh untuk memprosesnya. Hal ini menyebabkan lemak dipecah terlalu cepat dan darah menjadi asam.

Jika DKA tidak segera diobati, dapat menyebabkan koma diabetes atau kematian. Menurut para dokter di Mayo Clinic dan para ahli di Royal College of Nursing di Inggris, berikut adalah beberapa tanda yang harus diwaspadai diabetes lansia;

1. Mengalami kelelahan ekstrem

Lansia terus-menerus merasa sangat lelah bisa menjadi tanda DKA. Diabetes terjadi ketika pankreas tidak dapat memproduksi, atau tubuh tidak dapat memproses, insulin yang cukup untuk mengantarkan gula darah (glukosa) ke sel-sel tubuh untuk energi.

2. Napas berbau buah

Ini adalah salah satu gejala pertama yang dicari dokter ketika mereka mencurigai seseorang mungkin menyandang DKA.

Terlalu banyak keton dalam aliran darah dapat menyebabkan napas berbau seperti aseton, aroma buah yang mirip dengan penghapus cat kuku.

Jika menyandang diabetes dan keluar bau aseton pada napas, ikuti pengobatan yang direkomendasikan dokter. Jika sudah melakukannya, hubungi dokter secepatnya.

Baca Juga: Diabetes tipe 1 dan tipe 2 Semakin Meningkat Jumlahnya, Apa Bedanya?

Baca Juga: Studi Baru di Kanada Temukan Pestisida dalam Makanan Bisa Berdampak Obesitas

3. Sering buang air kecil