Find Us On Social Media :

3 Alasan Wanita Perlu Lakukan Olahraga Kegel Pasca Bersalin

Olahraga kegel sebaiknya juga dilakukan pasca persalinan karena manfaatnya banyak.

GridHEALTH.id - Melakukan olahraga kegel selama kehamilan adalah ide bagus karena membantu memperkuat otot-otot di daerah panggul untuk membantu meringankan persalinan. Meskipun melakukan Kegel selama kehamilan mudah dan tidak memerlukan usaha atau dukungan dari pelatih atau pelatih antenatal, Anda juga tidak boleh menghentikan olahraga pasca melahirkan.

Dr Geetanjali Shah, penulis Garbhasanskar dan dokter anak yang bekerja di Yayasan Supraja dan pusat IVF Ashvini di Mumbai, India, menceritakan kepadaTimes of India (28/02/2022) mengapa melakukan Kegals pasca-kehamilan adalah ide yang bagus.

1. Mencegah inkontinensia urin

Bagi ibu yang menjalani persalinan normal,  ini sangat umum. Seluruh kelompok otot yang membantu mengeluarkan bayi dari rahim mengalami keausan yang cukup selama persalinan, yang membuat mereka kehilangan sebagian elastisitasnya.

Hal ini menyebabkan inkontinensia urin, keluarnya urin tanpa sadar ketika otot perut menghadapi tekanan karena tertawa atau batuk.

Olahraga kegel dapat membantu memperkuat area tersebut sekali lagi dan mengatasi masalah ini.

2. Meningkatkan hubungan seksual

Tidak mengherankan bahwa rasa sakit selama hubungan seksual setelah melahirkan mengganggu sebagian besar pasangan.

Alasannya mungkin sisa nyeri episiotomi, vagina sensitif, kurangnya pelumasan, dll. Namun, melakukan kegel dapat membuat wanita dapat melawan masalah tersebut dan membuat otot di area tersebut lebih kuat.

Baca Juga: Healthy Move, Kegels Untuk Panggul dan Perbaiki Kehidupan Seksual

Baca Juga: Jangan Abaikan Obesitas, Bisa Menyebabkan Berbagai Penyakit yang Sulit Dikelola

Melakukan kegel dipercaya dapat membantu mengurangi dispareunia, yaitu nyeri saat berhubungan seksual setelah melahirkan.