Find Us On Social Media :

Bukti Cinta Orangtua Kepada Anak, Rajin Mengajak Olahraga Sejak Kecil

Tunjukkan cinta kepada anak dengan mengajaknya berolahraga sejak dini.

GridHEALTH.id - Anak-anak sekarang banyak menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak, terutama yang tinggal di perkotaan.

Apalagi gaya hidup yang serba cepat saat ini hampir tidak menyisakan waktu untuk bermain. Seorang anak sering kali terbebani oleh pekerjaan sekolah dan mungkin menghabiskan waktu luangnya yang berharga untuk bermain video game atau menonton televisi.

Apa yang kebanyakan orangtua tidak sadari adalah bahwa gaya hidup tidak aktif dapat berdampak buruk pada kesehatan anak mereka.

Menurut sebuah penelitian di University of Illinois di Urbana-Champaign di Amerika Serikat, ada hubungan antara kebugaran fisik dan otak pada anak-anak berusia 9 dan 10 tahun.

Mereka yang lebih bugar cenderung memiliki hippocampus (bagian dari otak) yang lebih besar dan berkinerja lebih baik dalam tes memori daripada rekan-rekan mereka yang kurang fit. Studi ini muncul dalam jurnal Brain Research.

Menurut peneliti dari Endocrine Society, olahraga mungkin memainkan peran kunci dalam membantu anak-anak mengatasi situasi stres. Ini diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism (JCEM).

Dan penelitian lain di University of Eastern Finland mengatakan bahwa latihan fisik dapat mengurangi faktor risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular pada anak-anak.

Para peneliti sampai pada kesimpulan ini setelah dua tahun tindak lanjut dari anak-anak sekolah dasar.

Mereka melihat bahwa perilaku menetap alias malas gerak (mager) meningkatkan akumulasi faktor risiko, sedangkan latihan fisik menguranginya.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Kesehatan yang Mengintai Anak yang Kecanduan Game dan Tak Berolahraga

Baca Juga: Bibir Sumbing Bisa Sebabkan Masalah Fisik dan Psikologis Pada Anak

Maka itu, orangtua wajib menanamkan kebiasaan sehat sejak dini agar anak tidak pernah tergoda dengan gaya hidup sedentari.