Find Us On Social Media :

Healthy Move, Latihan Sederhana Untuk Menghilangkan Lemak di Usia 40

Jalan kaki, olahraga aman tetapi tetap dapat membakar lemak di usia 40.

GridHEALTH.id - Menghilangkan lemak terutama untuk orang-orang di atas 40 tahun terasa sangat sulit. Penyebab utamanya adalah hilangnya massa otot.

Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan massa otot, yang memperlambat metabolisme dan mulai membakar lebih sedikit kalori. Kedua faktor ini membuat berat badan lebih sulit turun, terutama dari bagian tengah tubuh.Alasan lainnya adalah perubahan hormonal. Baik kenaikan berat badan maupun penurunan berat badan didorong oleh hormon.

Wanita umumnya menyimpan lebih banyak lemak subkutan (lunak) di area perut dan paha dan pria menyimpan lebih banyak lemak visceral (keras) di area perut.

Ini mulai terjadi ketika mereka mencapai masa pubertas dan tetap sama sampai mereka mencapai usia 40.Setelah usia ini, perubahan hormonal terjadi pada pria dan wanita. Wanita mengalami perimenopause dan menopause dan kecenderungan penyimpanan lemak bergeser.

Mereka menyimpan lebih banyak lemak perut yang keras karena kadar testosteron dan estrogen yang lebih rendah, sementara pria mendapatkan lebih banyak lemak lunak.Setiap orang memiliki sejumlah lemak di bawah kulit, tetapi lemak di daerah perut berbahaya.

Lemak di sekitar pinggang melepaskan bahan kimia yang dapat memengaruhi kadar kolesterol dan membuka jalan bagi berbagai penyakit.

Baca Juga: 9 Penyebab Utama Obesitas yang Jadi 'Pandemi' Dunia, Dari Depresi Sampai Polusi

Baca Juga: Dari Alzheimer Hingga Bipolar, Dampak Obesitas Pada Gangguan Mental yang Belum Banyak Diketahui

Oleh karena itu, penting untuk mengatur berat badan untuk kesehatan yang lebih baik dalam jangka panjang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa di usia 40, kita  dapat membantu memangkas lemak atau mencegah pertumbuhannya dengan aktivitas aerobik (seperti jalan cepat) dan latihan kekuatan (olahraga dengan beban).

1. Latihan aerobik

Penelitian menunjukkan melakukan olahraga dengan intensitas sedang, seperti jalan cepat selama 30 menit, enam hari seminggu, sudah cukup untuk mencegah lebih banyak penumpukan lemak .