Find Us On Social Media :

Sedang Batuk Pilek, Perlukah Tetap Olahraga ? Ini Jawaban Ahli

Lakukan olahraga ringan di saat sakit seperti berjalan kaki.

GridHEALTH.id - Saat sedang batuk pilek, mungkin kita jadi punya alasan untuk tidak berolahraga karena kita lebih mementingkan istirahat dan tidur.

Tetapi jika kita mempunyai rutinitas olahraga yang teratur, tidak berolahraga selama berhari-hari, atau bahkan berminggu-minggu dapat membuat frustrasi. Jadi, apakah mungkin untuk berolahraga dan pulih dari penyakit?“Ada plus dan minus berolahraga saat sakit,” kata Dr Jeff Foster, konsultan National Health Institute di Inggris kepada The Independent (02/03/2022).

“Di sisi positifnya, jika Anda bungkuk dan merasa sedikit pusing, berolahraga bisa menjadi cara untuk membantu membersihkan sekresi, membuka dada, meredakan hidung tersumbat, mempercepat metabolisme, merangsang nafsu makan, meningkatkan kualitas tidur, dan melepaskan endorfin. untuk membuat Anda merasa lebih baik.Pada sisi negatifnya, olahraga menantang sistem kekebalan Anda dan dapat memberikan tekanan yang tidak perlu pada sistem yang sudah bekerja keras.

Misalnya, jika Anda tidak sehat, jantung Anda dapat berdetak lebih cepat, sehingga mungkin sulit untuk mendapatkan oksigen yang cukup ke dalam hidung dan paru-paru Anda dan Anda mungkin merasa panas karena suhu,  dalam hal ini membuat tubuh Anda bekerja lebih keras dapat merusak dan membuat penyakitnya bertahan lebih lama.”Dr Xandra Middleton, pendiri komunitas kesehatan Adio, setuju, menambahkan bahwa berolahraga saat sakit dapat "merampok" energi vital tubuh kita  dan melemahkan sistem kekebalan tubuh."Olahraga intensif dapat meningkatkan hormon stres, yang selanjutnya dapat menekan sistem kekebalan Anda, yang dapat membuat gejala flu yang Anda alami menjadi lebih buruk, atau lebih sulit untuk dihilangkan," jelas Middleton.

Middleton menyarankan, di saat flu, kita lebih banyak mendengarkan tubuh kita daripada 'nekat' , terutama selama beberapa hari pertama pilek di mana demam biasa terjadi.

Baca Juga: Healthy Move, Latihan Sederhana Untuk Menghilangkan Lemak di Usia 40

Baca Juga: Bukan Hanya Kadar Gula Meningkat, Diabetes Juga Merusak Kulit 

"Setelah demam mereda, Anda mungkin tergoda untuk melakukannya kembali, tetapi yang terbaik adalah memberi diri Anda waktu ekstra , idealnya sekitar lima hari atau lebih, ketika sebagian besar gejala pilek telah sembuh. Selalu mulai kembali dengan olahraga ringan  untuk mencegah risiko cedera.”Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga ringan saat sakit sebenarnya justu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Kajian yang diterbitkan dalam Journal of Sport and Health Science, menemukan ketidakaktifan dapat menyebabkan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh, tetapi jalan cepat 30-60 menit per hari dapat meningkatkan pertahanan tubuh  terhadap penyakit pernapasan.Middleton mengatakan jika kita ingin melakukannya, berjalan kaki selama 15 menit di udara segar dapat membantu mengatasi gejala pilek.“Meskipun 10.000 langkah setiap hari selalu disebut sebagai yang ideal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa berjalan lebih dari 4.500 meningkatkan kesehatan Anda, terutama jika Anda lebih tua, jadi penting untuk tidak melakukan hal-hal yang berlebihan hanya demi itu,” tambahnya. (*)

Baca Juga: Pelecehan Oleh Keluarga Terhadap Lansia dengan Demensia Sering Terjadi, Studi

Baca Juga: Masih Jadi Tanda Tanya Awam, Mengapa Sudah Vaksin Lengkap Tetap Bisa Positif Covid-19?