Find Us On Social Media :

Bukan Hanya Kadar Gula Meningkat, Diabetes Juga Merusak Kulit

Gangguan di kulit juga merupakan produk sampingan dari penyakit diabetes.

GridHEALTH.id - Jika kita mengira hanya fluktuasi gula darah yang diderita oleh penyandang diabetes, maka ini salah besar.

Gangguan di kulit juga merupakan produk sampingan dari penyakit ini, dan kadang-kadang dapat membuat keadaan menjadi sengsara.

Gatal, kulit terkelupas, kekeringan, lecet dan daftar ini bisa terus berlanjut. Masalah-masalah ini tidak hanya akan membuat kulit kta terlihat tidak bernyawa, tetapi juga membuat kita terlihat tua.

Tapi apa hubungannya penyandang diabetes dengan kulit? Dokter Ajay Rana dari American Academy of Dermatology mengatakan bahwa diabetes adalah penyakit kronis yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan terkait kulit lainnya seperti luka kulit atau ruam kaki.

“Alasan utama semua masalah kulit yang diderita penyandang diabetes ini adalah karena peningkatan gula darah atau kadar glukosa dalam tubuh.

Diabetes juga mempengaruhi pembuluh darah kecil tubuh yang memasok darah ke kulit. Perubahan pada pembuluh darah karena diabetes juga dapat menyebabkan kondisi kulit yang parah,” kata Dr Rana.

Baca Juga: Tiga Jenis Minuman Sangat Tidak Disarankan Bagi Penyandang Diabetes

Baca Juga: Mohon Siapkan di Handphone, Warga DKI Kemana-mana Harus Tunjukkan Sertifikat Vaksin Covid-19

Dia menambahkan, “Karena diabetes, pembuluh darah yang memasok darah ke kulit menjadi sempit, karena kekurangan oksigen, dan ini menyebabkan banyak masalah kulit.