Find Us On Social Media :

Diabetes Pasca Pemulihan Covid-19 Bisa Muncul Namun Berita Baiknya Ternyata Hanya Gangguan Gula Darah Sesaat

Pasien virus corona di rumah sakit lebih mungkin didiagnosis menderita diabetes setelah sembuh.

GridHEALTH.id - Sejak awal pandemi Covid-19, para ilmuwan mulai meningkatkan kekhawatiran tentang kemungkinan berkembangnya penyakit baru.

Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa virus corona dapat menyebabkan diabetes pada mereka yang terinfeksi Covid-19.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang dirawat di rumah sakit karena virus corona lebih mungkin didiagnosis menderita diabetes setelah sembuh.

Namun, sebuah studi baru mengklaim bahwa kenaikan kadar gula darah pasca pemulihan Covid-19 mungkin bersifat sementara.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes and Its Complications menemukan pasien Covid-19 yang baru didiagnosis dengan diabetes selama masuk rumah sakit mungkin memiliki bentuk sementara penyakit yang terkait dengan stres akut akibat infeksi virus.

Para peneliti menemukan bahwa pasien dapat kembali ke kadar gula darah normal segera setelah keluar.Sara Cromer, MD, seorang penyelidik di Departemen Kedokteran-Endokrinologi, Diabetes dan Metabolisme di Rumah Sakit Umum Massachusetts (MGH) mengatakan,

"Kami percaya bahwa stres inflamasi yang disebabkan oleh Covid-19 mungkin menjadi kontributor utama 'onset baru'. atau diabetes yang baru didiagnosis.

Alih-alih menyebabkan diabetes secara langsung, Covid-19 dapat mendorong pasien dengan diabetes yang sudah ada sebelumnya tetapi tidak terdiagnosis untuk pertama kali ke dokter, di mana gangguan gula darah mereka dapat didiagnosis secara klinis.

Baca Juga: Tidur nyenyak! Tips Melawan Insomnia Selama Pandemi Covid-19

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Tidak Meningkatkan Risiko Peradangan Pada Anak, Studi Lancet

Penanda inflamasi dan lebih sering membutuhkan perawatan di ICU rumah sakit daripada pasien Covid-19 dengan diabetes yang sudah ada sebelumnya."

Para peneliti di MGH mengamati 594 pasien yang menunjukkan gejala kadar gula darah tinggi pada musim semi 2020.