Find Us On Social Media :

Tidur nyenyak! Tips Melawan Insomnia Selama Pandemi Covid-19

Orang dewasa disarankan setidaknya tidur selama 7 hingga 8 jam untuk mendapatkan tidur berkualitas.

GridHEALTH.id - Insomnia, yang dinyatakan sebagai sulit tidur kronis, menyebar dengan cepat, terutama dengan meluasnya efek pandemi yang telah berlangsung selama dua tahun terakhir, bahkan studi ilmiah mengungkapkan bahwa tidur yang sehat dan cukup sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. \

Orang dewasa disarankan untuk tidur di bawah jam 10 malam dan setidaknya tidur selama 7 hingga 8 jam untuk mendapatkan tidur berkualitas dan baik untuk sistem imunitas tubuh.

“Mereka yang melaporkan masalah insomnia meningkat sebesar 24% karena faktor-faktor seperti peningkatan tingkat stres dan kecemasan selama pandemi Covid-19, keengganan untuk pergi ke rumah sakit untuk perawatan masalah tidur, penurunan aktivitas fisik sehari-hari dan kurangnya paparan bahan alami. ringan," kata Dr. Beyza itçi Yalçınkaya, spesialis neurologi di Rumah Sakit Acıbadem Fulya di Turki, dikutip dari Anadolu Agency (01/03/2022).

Menekankan bahwa seseorang dapat memperoleh manfaat dengan membuat beberapa perubahan pola pikir dan perilaku untuk melawan insomnia, Yalçınkaya menawarkan sembilan saran untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

1. Jangan memaksakan diri untuk tidur

Cobalah untuk mengurangi pikiran tentang tidur. Tempat tidur  harus mengingatkan  tentang tidur, bukan sulit tidur. Untuk itu, jangan tidur sebelum mengantuk.

Ketika  tidak bisa tidur, bangun dari tempat tidur dalam waktu 15 sampai 20 menit dan ganti kamar, dan pergi tidur ketika  merasa mengantuk lagi.

Ulangi ini sepanjang malam jika perlu. Saat berpindah tempat, cobalah metode seperti meditasi, latihan relaksasi, dan membaca buku, lalu kembali ke tempat tidur saat  merasa mengantuk lagi.

Menerima bahwa tidur adalah keadaan alami seperti bernapas dan lapar dan bahwa kita akan tertidur pada akhirnya, mengetahui bahwa waktu tidur setiap orang mungkin berbeda, dapat menjadi awal dalam mengurangi kecemasan terkait tidur.

2. Jangan membawa ponsel ke tempat tidur

Baca Juga: Jangan Begadang, Ini Manfaatnya Tidur di Bawah Jam 10 Malam, Bebas Penyakit Jantung

Baca Juga: 3 Alasan Wanita Perlu Lakukan Olahraga Kegel Pasca Bersalin