Find Us On Social Media :

Asam Lambung Bikin Perut Mulas? Ini Trik Alami Untuk Mengatasinya

Alih-alih minum obat, atasi asam lambung dengan tips cara alami.

GridHEALTH.id - Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam lambung, atau makanan dan cairan dari lambung tumpah ke kerongkongan.

Keasaman adalah masalah yang sangat umum yang bisa sangat tidak nyaman. Hal ini ditandai dengan mulas yang dirasakan di sekitar area dada bagian bawah.

Keasaman terjadi ketika ada kelebihan sekresi asam di kelenjar lambung lambung, menghasilkan gas. Keasaman banyak juga menyebabkan bau mulut, sakit perut dan gejala lainnya.Memiliki keasaman setiap hari adalah tanda sistem pencernaan yang buruk. Dan itu membutuhkan perhatian segera.

Tapi alih-alih minum obat antasida setiap kali asam lambung muncul, carilah cara yang alami dan lebih aman. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengurangi refluks asam dan mulas, dikutip dari Mind Body Green;

1. Hindari makan berlebihanSalah satu cara untuk meminimalkan refluks asam adalah dengan menghindari makan dalam jumlah besar.

Sebagian besar gejala refluks terjadi setelah makan. Para ahli mengatakan makanan dalam porsi besar dapat memperburuk gejala refluks.

2. Hentikan minum alkohol

Baca Juga: Ketahui Cara Mengenali dan Mengatasi Gangguan Pencernaan GERD

Baca Juga: Healthy Move, 3 Tips Hindari Sakit Punggung Saat Duduk Seharian

Alkohol berlebihan dapat meningkatkan keparahan refluks asam dan mulas, kata penelitian. Jadi batasi konsumsi alkohol sering mengalami asam lambung.

3. Batasi kafein

Minum kopi untuk sementara dapat melemahkan sfingter esofagus bagian bawah dan meningkatkan risiko refluks asam. Beberapa penelitian menunjukkan kafein sebagai kemungkinan penyebabnya.