Find Us On Social Media :

5 Makanan yang Dapat menyebabkan Hidung Tersumbat, Harap Dihindari

Gula menimbulkan peradangan dan dapat membuat hidung tersumbat.

GridHEALTH.id -Merasa sesak adalah pengalaman yang membuat frustrasi. Tidak dapat bernapas dengan nyaman melalui hidung atau tenggorokan terasa seperti ada lapisan tebal dari sesuatu yang tidak dapatd dibersihkan.

Jika kita sering mendapat bahwa diri kita pilek dengan hidung tersumbat, lihat apa penyebabnya.

Kalau hanya sekali dua kali, misalnya karena alergi atau pilek musiman yang cukup mengganggu, kita boleh istirahat dengan banyak minum.

"Tetapi jika hidung tersumbat secara sporadis atau bahkan rutin, kita mungkin bisa mengonsumsi makanan yang menyebabkan hidung tersumbat.

"Jika tubuh Anda teriritasi atau tidak menyukai suatu zat, itu akan membuat lebih banyak lendir dalam upaya untuk menjauhkan zat itu dari mengiritasi lapisan sel," kata Dr. Huml, ahli gizi klinis bersertifikat.

Makanan tertentu memengaruhi lebih banyak orang daripada yang lain, dan itu semua tergantung pada bagaimana tubuh bereaksi terhadapnya.

Bahkan jika kita tidak memiliki intoleransi laktosa yang didiagnosis, ada baiknya memperhatikan bagaimana tubuh merespons makanan berikut yang lebih mungkin menyebabkan hidung mampet daripada yang lain.

Berikut makanan yang harus dihindari oleh mereka yang hidungnya tersumbat sering sekali;

1. Gula halus

Baca Juga: Merayakan Tahun Baru? Jaga Kesehatan dan Hindari Konsumsi Alkohol

Baca Juga: T&J: Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Varian Baru Omicron?

"Gula sangat meradang, jadi produksi lendir biasanya karena tubuh Anda teriritasi," kata Dr. Huml.