Find Us On Social Media :

Baking Soda Sebagai Antasida Alami Untuk Mengatasi Asam Lambung

Baking soda, dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung.

GridHEALTH.id - Asam lambung adalah sensasi terbakar di dada yang dialami sebagian orang setelah makan. Soda kue  atau baking soda dapat membantu meringankan gejala, tetapi gunakan dengan hati-hati. Asam lambung terjadi ketika asam di lambung kembali ke pipa makanan, menyebabkan ketidaknyamanan. Beberapa orang mungkin mengalami rasa asam di mulut mereka. Menurut American College of Gastroenterology, puluhan juta orang di dunia mengalami asam lambung setidaknya sebulan sekali. Beberapa penelitian menunjukkan lebih dari 15 juta memilikinya setiap hari. Siapa pun yang mengalami asam lambung lebih dari dua kali seminggu harus mencari perawatan medis, karena ini mungkin merupakan tanda penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau kondisi lain yang mendasarinya. Namun, jika asam lambung datang dan pergi dan berlangsung kurang dari 2 minggu, soda kue, atau natrium bikarbonat dapat membantu. Beberapa obat bebas (OTC) dan obat resep untuk asam lambung mengandung natrium bikarbonat. Misalnya, Zegerid menggabungkan natrium bikarbonat dengan omeprazole. Namun, beberapa orang juga menggunakan baking soda dari dapur sebagai antasida untuk menangkal asam lambung. Caranya, tambahkan setengah sendok teh soda kue ke segelas air untuk meredakan mulas dan perut perih akibat asam lambung naik. Untuk diketahui, soda kue atau natrium bikarbonat,  adalah garam yang terdiri dari ion natrium dan ion bikarbonat.

Baca Juga: Asam Lambung Pada Anak, Makan Makanan Ini Agar Tidak Mudah Kambuh

Baca Juga: Healthy Move, Lawan Obesitas dengan Olahraga Rutin Setiap Hari

Biasanya muncul sebagai padatan kristal putih atau bubuk halus. Tablet dan kapsul yang mengandung natrium bikarbonat juga tersedia.  Orang-orang terutama menggunakan soda kue sebagai bahan pengembang, misalnya dalam pembuatan kue. Ini juga merupakan bahan dalam produk kebersihan gigi dan agen pembersih alami. Untuk keperluan medis, natrium bikarbonat dapat membuat urin lebih basa, misalnya jika seseorang mengalami infeksi saluran kemih. Seorang dokter harus mengawasi penggunaannya, bagaimanapun, karena dapat memiliki efek samping. Soda kue memiliki pH basa, dan itu adalah obat umum untuk menghilangkan mulas dan asam lambung. Ini menetralkan kelebihan asam lambung yang menyebabkan gejala.

Tetapi dokter mengingatkan bahwa adalah solusi sementara untuk asam lambung. Mereka menyarankan orang-orang bahwa natrium bikarbonat tersedia dari apotek dalam bentuk tablet dan bubuk effervescent. Namun, mereka menambahkan: "Jika Anda dalam keadaan darurat, setengah sendok teh soda kue dicampur dalam setidaknya 125 mililiter (ml), atau setengah cangkir air dapat meredakan gejala dengan cepat." Jika menggunakan obat bebas atau resep, ikuti petunjuk pada kemasannya. Dokter hanya menyarankan penggunaan soda kue untuk sementara, saat gejala pertama kali muncul.

Ini karena masalah lain dapat berkembang jika tubuh menjadi terlalu basa. Soda kue juga merupakan garam, dan terlalu banyak garam dapat menyebabkan masalah lebih lanjut.

Baca Juga: Demam Pada Lansia Bisa Berarti Sepsis, Perlu Tindakan Medis Segera

Baca Juga: Berani Mencoba Posisi Baru, Cara Seks di Usia Lansia Tetap Membara!

Seperti obat lain, penting untuk berbicara dengan dokter tentang dosis natrium bikarbonat yang sesuai. Anak-anak di bawah 6 tahun hanya boleh menggunakan natrium bikarbonat jika dokter meresepkannya.  Obat asam lambung yang mengandung soda kue tersedia untuk dibeli secara online. Penting diketahui soda kue tidak boleh digunakan serampangan karena mempunyai efek samping yang meliputi perut terasa penuh gas dan kembung, rasa haus yang meningkat dan keram perut. Jika salah satu dari gejala ini menetap atau parah, hubungi dokter. Begitupun mereka yang  yang mengalami mulas selama lebih dari 2 minggu juga harus mengunjungi dokter.

Sebagai catatan juga, orang dengan kondisi medis berikut harus menghindari penggunaan soda kue kecuali jika dokter menyarankan mereka untuk:

- Alkalosis, ketika pH tubuh lebih tinggi, atau lebih alkali, dari biasanya

- Radang usus buntu