Find Us On Social Media :

Mengatasi Hidung Tersumbat, Teh Pepermint Hingga Kompres Hangat

Hidung tersumbat bikin tak nyaman. Atasi dengan cara alami.

GridHEALTH.id - Jika muncul hidung tersumbat, kita mungkin mengalami gejala seperti nyeri pada sinus, pembengkakan jaringan hidung pilek dan sebagainya.

Kita juga merasakan hidung tersumbat karena peradangan pada lubang hidung. Apalagi pilek, flu dan sinusitis, bisa menyebabkan hidung tersumbat.

Padahal, gejala mungkin membaik dalam beberapa hari. Tapi, jika kit cenderung mengalami hidung tersumbat dalam waktu yang lama maka bisa jadi karena alergi serbuk bunga, alergi, sinusitis kronis, paparan bahan kimia dan banyak faktor lainnya.

Jadi, sangat disarankan untuk pergi ke dokter meminta bantuan ahli. Namun, seiring dengan obat yang diresepkan dokter, kita juga bisa mengatasinya dengan tiga cara alami di bawah ini;

1. Minum teh peppermint

Peppermint memiliki mentol yang bertindak sebagai dekongestan karena sifat anti-inflamasinya dan meredakan gejala hidung tersumbat seperti pilek dan sebagainya.

Kita harus menambahkan beberapa daun peppermint ke dalam secangkir air, rebus dan didihkan dalam panci selama beberapa menit dan saring. Kemudian, teguk dan rasakan kesegarannya.

2. Menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki asam asetat dan kalium, yang meredakan gejala hidung tersumbat. Kalium dapat membantu mengencerkan lendir, dan asam asetat mengatasi infeksi mikroba yang menyebabkan hidung tersumbat.

Baca Juga: Pengobatan Rumahan, Atasi Hidung Tersumbat dengan Bawang Putih

Baca Juga: Healthy Move, Bukan Lagi Olahraga Mahal, Ini Manfaatnya Bermain Golf 

Tambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air hangat dan meminumnya. Kita akan merasa lebih lega.