Find Us On Social Media :

6 Merek Kopi Sachet Ini Mengandung Paracetamol dan Sildenafil, Banyak Ditemui di Jawa Barat

BPOM temukan berbagai merek kopi sachet yang mengandung paracetamol.

GridHEALTH.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berhasil mengungkap peredaran kopi sachet yang mengandung paracetamol dan sildenafil.

Kopi sachet yang mengandung obat kimia tersebut dilaporkan banyak beredr di wilayah Jawa Barat seperti Bandung dan Bogor.

Hal itu dungkapkan langsung oleh Kepala BPOM Penny K Lukito, seperti dilansir dari Kompas.com (7/3/2022).

Menurut Penny, pihaknya telah melakukan operasi penindakan obat tradisional dan bahan pangan ilegal dengan Balai Besar POM di Bandung dan Loka POM di Kabupaten Bogor pada Februari lalu.

Dalam operasi penindakan tersebut, BPOM menemukan barang bukti berupa 15 kilogram jenis pangan olahan yang mengandung bahan kimia obat (BKO) dan 36 jenis obat tradisional mengandung bahan kimia obat.

Selain itu, sebanyak 32 kilogram bahan baku obat ilegal berupa paracetamol dan sildenafil juga ditemukan bersamaan dengan 5 kilogram bahan campuran setengah jadi.

Penny menegaskan, bahan kimia yang dicampurkan ke dalam pangan seperti kopi atau obat tradisional, merupakan hal yang dilarang.

“Bahan kimia obat seperti Paracetamol dan Sildenafil merupakan bahan yang digunakan untuk produksi obat. Jika tidak digunakan sesuai aturan pakai (dosis), bahan kimia obat ini dapat menimbulkan risiko tinggi dan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan,” jelasnya.

Lantas, apa saja merek kopi sachet yang mengandung paracetamol dan sildenafil temuan BPOM?

Baca Juga: Setelah Minum Kopi Saset Merasakan Hal Ini, Bisa Jadi Ada Campuran Obat Impotensi

Berikut 6 merek kopi saset yang mengandung paracetamol dan sildenafil berdasarkan temuan BPOM:

1. Kopi Bapak