Find Us On Social Media :

Healthy Move, Latihan Intensitas Tinggi Bisa Mengatasi Arteri Perifer

Jalan kaki dengan kecepatan tinggi atau olahraga intensitas tinggi mengatasi arteri perifer.

GridHEALTH.id - Penyakit arteri perifer (PAD/Peripheral Artery Disease) adalah penyakit umum dari pembuluh darah yang terletak di luar jantung dan otak.

Ini sering merupakan hasil dari penumpukan yang terdiri dari kolesterol dan asam lemak di arteri.

Ini membatasi aliran darah ke lengan, ginjal, perut, dan kaki dan menyebabkan rasa sakit dan kram di kaki.

Tetapi berolahraga secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kinerja berjalan pada orang dengan PAD, saran sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) edisi November 2021 .

Temuan menunjukkan bahwa orang dengan penyakit arteri perifer, dengan intensitas nyeri kaki iskemik, di saat latihan berjalan dengan intensitas tinggi dapat menghilangkan rasa nyerinya kemudian.

Bagaimana olahraga dapat membantu orang dengan penyakit arteri perifer? Studi ini meneliti 305 orang dengan penyakit arteri perifer di empat pusat kesehatan.

Mereka dibagi menjadi kelompok dengan latihan intensitas tinggi, latihan intensitas rendah dan kelompok kontrol yang berolahraga hanya bila diminta.

Orang-orang yang terlibat dalam uji coba diminta untuk berjalan hingga 50 menit per sesi, lima hari seminggu.

Orang-orang dalam kelompok intensitas tinggi diminta untuk berjalan dengan langkah cepat untuk mendapatkan gejala kaki iskemik menggunakan olahraga, sedangkan mereka yang berada dalam kelompok intensitas rendah diminta untuk berjalan dengan kecepatan yang nyaman.

Baca Juga: Wanita Miliki Risiko 4 Kali Lebih Besar Terkena Varises, Ketahui Tanda dan Penyebabnya

Baca Juga: Dead Butt Syndrome, Sindrom Kebanyakan Duduk Bisa Berujung Kecacatan

Setelah mengikuti peserta selama 12 bulan, peneliti menemukan bahwa berjalan dengan nyeri kaki iskemik menuai manfaat dari olahraga.