Find Us On Social Media :

Dead Butt Syndrome, Sindrom Kebanyakan Duduk Bisa Berujung Kecacatan

Dead Butt Syndrome, yakni gangguan otot dan tulang belakang muncul akibat terlalu banyak duduk.

GridHEALTH.id - Bisakah duduk lama membuat beberapa otot tubuh tidak aktif sedemikian rupa sehingga cenderung melupakan fungsi sebenarnya? Kata dokter, bisa.

Salah satu kondisi tersebut disebut amnesia gluteal yang dikenal sebagai "Sindrom Bokong Mati"atau Dead Butt Syndrome.

Jika seseorang mengembangkan pola duduk berjam-jam dengan otot pinggul dan lutut yang tidak aktif, maka selama periode waktu tertentu otak akan mengurangi dorongan saraf ke otot gluteal.

Saat ini, ketika aktivitas fisik sangat terpengaruh oleh lockdown atau PPKM, jadwal kerja dibatasi di dalam rumah (work from home).

"Akibat terlalu banyak duduk, dengan aktivitas fisik yang sangat rendah, kita cenderung mengalami kondisi ini,” kata Dr Rajesh Kumar Verma, Direktur Ortopedi dan Bedah Tulang Belakang, di Rumah Sakit Narayana di Mumbai, India.

Bagaimana hal itu bisa terjadi?  Ketika kita duduk terlalu lama, otot gluteal yang ditempatkan di belakang bokong kita mungkin mulai membesar atau meregang keluar dari tempatnya.

Baca Juga: 6 Fakta Skioliosis, Kelainan pada Tulang Belakang yang Jarang Disadari

Baca Juga: Komplikasi Diabetes Pada Lansia yang Sering Terlupakan, Depresi yang Berujung Pada Menurunnya Kesejahteraan Mental

“Secara bertahap, mereka mulai menjadi tidak efektif dan tidak efisien. Biasanya ketika kita berdiri otot gluteal kita 'tanpa sadar' memberikan dukungan ke panggul, untuk menjaga tulang belakang kita tetap lurus."