Find Us On Social Media :

4 Cara Meredakan Sakit Perut Gejala Covid-19 Varian Omicron yang Dianjurkan

Mengatasi sakit perut akibat infeksi Covid-19.

GridHEALTH.idVarian Omicron menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah negara-negara dunia.

Rata-rata infeksi Covid-19 yang terjadi pada sejumlah orang disebabkan oleh varian ini. Gejalanya yang mirip dengan flu, membuat seseorang mungkin tidak menyadarinya.

Dilansir dari Prevention, Jumat (11/03/2022), Covid-19 varian Omicron dapat menyebabkan orang yang terpapar mengalami sakit perut.

Studi ZOE Covid yang dilakukan oleh para ilmuwan di Harvard, King’s College London, Stanford, dan Rumah Sakit Umum Massachusetts melaporkan bahwa banyak orang yang mengalami gastroenteritis antara pertengahan Desember hingga akhir Januari.

Gejala tersebut di antaranya sakit perut, diare, mual, dan kehilangan nafsu makan.

Selain penelitian yang dilakukan oleh ZOE Covid, terdapat penelitian terbaru yang juga menunjukkan hasil serupa.

Dilansir dari WebMD, Jumat (11/03/2022), studi tersebut menunjukkan 1 dari 5 orang yang pasien Covid-19 setidaknya mengalami satu gejala gastroenteritis.

Bahkan dari 25,9 persen pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit, dilaporkan mengalami gangguan pada saluran pencernaan.

Mengapa Covid-19 menyebabkan seseorang sakit perut?

Baca Juga: Percepat Pemulihan Pasien Covid-19 Dengan Makan 6 Buah Berikut Ini

Ini terjadi karena saat virus masuk ke tubuh dan menginfeksi, virus tersebut menghancurkan sel-sel sehat dan membuat salinannya sendiri.

Sejak pandemi Covid-19 dimulai pada tahun 2020, banyak orang yang sudah tahu kalau virus SARS-CoV-2 menyerang sel-sel yang melapisi saluran udara. Sehingga orang yang terpapar akan sulit bernapas dan menyebabkan pneumonia.