Find Us On Social Media :

Ruam Hingga Lepuh Seluruh Tubuh, 5 Kondisi Autoimun Langka yang Diderita Penerima Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 memberi efek ruam kulit pada sebagian penerima.

GridHEALTH.id - Seorang pria berusia 51 tahun didiagnosis dengan gangguan autoimun langka yang disebut erupsi bulosa ekstensif tujuh hari setelah dia mendapat suntikan booster Astra-Zeneca dari Oxford melawan Covid-19, dikabarkan oleh Reuters (12/03/2022)

Laporan medis pria tersebut menyatakan bahwa dia tidak memiliki riwayat medis sebelumnya dan tidak sedang mengonsumsi obat lain.

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan kondisi ini? untuk memahami ini lebih baik, pertama-tama mari kita cari tahu apa sebenarnya penyakit bulosa autoimun (AIBD/a).

Menurut para ahli, kondisi ini merupakan gangguan autoimun yang jarang terjadi di mana pasien menderita kelompok penyakit heterogen yang sering bermanifestasi sebagai vesikel kulit dan mukosa, lecet, dan lepuh.

Berbicara tentang gejala yang dialami pasien, dokter mengatakan pemeriksaan klinis menunjukkan adanya bula difus tegang yang sebagian besar terkait dengan plak urtikaria pada batang tubuh, punggung, dan kaki.

Mereka juga melihat lepuh pasca-bulosa dan lesi seperti cocarde yang mempengaruhi hampir 70% permukaan kulitnya. Dokter juga mengungkapkan bahwa pasien juga mengalami beberapa lepuh pada mukosa bukal.

Ini bukan satu-satunya kasus di mana penerima vaksin Astra-Zeneca telah mengembangkan gangguan autoimun server pasca-vaksinasi.

Dalam kasus lain, seorang wanita 54 tahun mengeluh tentang ruam eritematosa dan lepuh di tempat vaksinasi, satu minggu setelah diberi suntikan vaksin AstraZeneca. Pasien juga tidak memiliki riwayat medis tertentu.

Berbicara tentang gejala yang dialaminya, para dokter berkata, "Ada ruam di tempat suntikan dengan lepuh kecil yang terlokalisir.

Baca Juga: Vaksin Covid-19, Pasien TBC Perlu Mendapatkan Segera Selengkapnya

Baca Juga: 5 Trik Simpel Untuk Mengatasi Asam Lambung yang Sering Kumat

Ruam ini juga menyebar dengan cepat dari lengan kiri atas ke perut, punggung, dan kaki bagian bawah."