Find Us On Social Media :

Ini Dia, 7 Makanan Layak Konsumsi Untuk Hilangkan Kulit Kering

Asam lemak omega-3 dalam salmon dapat mengurangi peradangan yang disebabkan kulit kering.

GridHEALTH.id -Kulit kering terjadi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah. Dalam istilah medis, kulit kering disebut juga dengan xerosis. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, tapi paling umum terlihat pada tangan dan kaki. Siapa pun bisa terkena kondisi kulit yang satu ini, tapi orang lanjut usia biasanya lebih rentan. Hal ini disebabkan karena lansia mengalami penurunan produksi sebum, yakni minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit. Kulit yang mengalami xerosis cenderung lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan. Jika kulit amat kering dan tidak dirawat, ada sederet komplikasi yang mengintai, mulai dari infeksi bakteri, eksim (dermatitis atopik), hingga retakan kulit yang berdarah.

Secara alami, tujuh makanan di bawah ini direkomendasikan bagi yang mempunyai kulit kering, dilansir dari Mind Body Green;

1. Minyak zaitun

Sangat melembapkan dan dikemas dengan polifenol, senyawa yang memiliki sifat pelembab. Ini juga mengandung lemak sehat yang membantu memerangi kulit kering.

2. Alpukat

Lemak sehat dalam alpukat akan menambah kelembapan yang sangat dibutuhkan dan membuat kulit lebih kenyal.

Baca Juga: Pengobatan Konjungtivitis Alergi, Penyebab Mata Gatal dan Berair

Baca Juga: Penyakit Infeksi Kulit Bisa Muncul Karena Memakai Perhiasan Imitasi 

Jadi kunci untuk menyembuhkan kulit kering adalah dengan memasukkan lebih banyak lemak sehat dalam bentuk alpukat dan kacang-kacangan.

3. Teh Herbal

Kita uga dapat meningkatkan hidrasi kulit dengan meminum infus herbal bebas kafein. Infus dengan marigold atau calendula dapat sangat membantu untuk kulit kering karena sifat penyembuhan dan pelembab tanaman.

4. Asam lemak Omega-3