Find Us On Social Media :

Healthy Move, Di Atas 40 Tahun Bergerak Setidaknya 10 Menit Sehari Memberi Peluang Hidup Lebih Lama, Studi

Tak butuh waktu lama, bergerak 10 menit setiap hari bikin panjang umur.

GridHEALTH.id - Sering menjadi pertanyaan, benarkah kita tidak dapat menyisihkan 30 menit setiap hari untuk berolahraga?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan kita setidaknya melakukan aktivitas fisik hingga 150 menit setiap minggu atau 30 menit per hari selama lima hari, mulai dari olahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Tetapi terkadang meluangkan waktu setengah jam untuk berolahraga menjadi sangat sulit. Tapi sebuah studi baru menemukan bahwa bahkan 10 menit latihan dapat memiliki beberapa manfaat kesehatan yang serius dan membantu kita hidup lebih lama.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, mengeksplorasi apakah aktivitas fisik dapat membantu orang hidup lebih lama di Amerika Serikat.

Dari tahun 2003 hingga 2006, peserta berusia enam tahun ke atas diundang untuk memakai akselerometer (alat yang memantau getaran dan akselerasi) selama tujuh hari sebagai bagian dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional.

Peneliti kemudian memeriksa informasi dari 4.850 orang berusia 40 hingga 85 tahun yang ditindaklanjuti pada tahun 2015 untuk menetapkan status kesehatan yang dilaporkan sendiri.

Studi tersebut memproyeksikan bahwa jika orang AS berusia 40 hingga 85 meningkatkan intensitas aktivitas fisik sedang hingga kuat (MVPA) dengan jumlah kecil hanya 10 menit per hari, sekitar 110.000 kematian per tahun dapat dihindari.

Pentingnya Gerakan Fisik Seiring bertambahnya usia

Tidak mungkin untuk mencegah proses penuaan yang sedang berlangsung. Namun, kita dapat meningkatkan fungsi kita melalui aneka gerakan yang fungsinya tetap memungkinkan kita menjaga ambang kemandirian (ketika kita tidak membutuhkan bantuan untuk tugas sehari-hari) di kemudian hari.

Baca Juga: Healthy Move, Berolahraga Di atas Usia 40, Begini Cara Memulainya

Baca Juga: Kulit Gatal Lebih Terasa di Malam Hari, Ternyata Karena Hal Ini

Jadi, meskipun olahraga tidak dapat mencegah penuaan, itu dapat memengaruhi bagaimana kita menua dalam konteks suatu aktivitas.