Find Us On Social Media :

Belum Banyak yang Tahu, Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan Nyeri Lutut

Vitamin D bisa didapat dari sinar matahari agar terhindar dari nyeri lutut.

GridHEALTH.id - Nyeri sendi yang berkepanjangan atau berulang pada tulang, persendian yang disertai dengan kelelahan terkadang juga merupakan indikasi dari kekurangan vitamin D yang parah.

Vitamin D adalah nutrisi yang sangat penting untuk penyerapan kalsium dalam tubuh dan karena itu penting untuk membangun tulang yang kuat.

Meskipun tidak dibutuhkan dalam jumlah kecil tetapi stabil oleh tubuh, Vitamin D berperan penting dalam menjaga kadar kalsium darah dan mengatur kalsium dan fosfor yang penting untuk kekuatan tulang dan gigi.

Vitamin D juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

'Kekurangan vitamin D terjadi a di kalangan pria dan wanita muda dan ini adalah tren yang sangat berbahaya.

Kekurangan vitamin D menyiratkan bahwa kalsium yang dikonsumsi tidak diserap dengan baik oleh tubuh, tulang dan gigi dan ini menyebabkan pelunakan tulang, kelemahan otot dan bahkan kerusakan gigi.

Beberapa gejala awal termasuk nyeri pada tulang atau sendi, sakit punggung berulang, kelelahan umum dan kelemahan.

Ini paling berbahaya bagi tulang karena dapat menyebabkan osteoporosis dini dan menyebabkan patah tulang,' kata Dr Rajeev K Sharma, Konsultan Senior, Ahli Bedah Ortopedi & Penggantian Sendi di Rumah Sakit Indraprastha Apollo, New Delhi.

Matahari adalah sumber utama vitamin D. Ketika matahari berinteraksi dengan kulit, tubuh secara otomatis memproduksi vitamin D.

Baca Juga: Inilah 7 Cara Terbaik Menjaga Lutut Agar Tetap Sehat dan Kuat

Baca Juga: Banyak Menangis Bisa Sebabkan Mata Jadi Bintitan? Ternyata Hoaks

Kulit manusia dapat membuat vitamin D dalam jumlah yang cukup ketika cukup banyak kulit yang terkena sinar matahari secara langsung.