Find Us On Social Media :

Inilah 7 Cara Terbaik Menjaga Lutut Agar Tetap Sehat dan Kuat

Rutin jalan kaki, salah satu cara menjaga lutut agar tetap sehat.

GridHEALTH.id - Nyeri lutut dapat mengganggu kegiatan sehari-hari yang kita lakukan. Menurut penelitian yang diterbitkan di American Family Physician pada tahun 2018, sekitar 25% orang dewasa AS menderita nyeri lutut, dengan prevalensi kondisi tersebut meroket 65% selama 20 tahun terakhir saja.

Namun, hanya karena kita menderita sakit lutut sekarang tidak berarti ketidaknyamanan seumur hidup, atau operasi di masa depan adalah kesimpulan yang sudah pasti.

Agar lutut kita tetap sehat dan kuat, berikut adalah 7 cara menjaga lutut hingga bisa leluasa beraktivitas hingga lansia.

1. Perhatikan cara duduk

"Cobalah untuk duduk tanpa menyilangkan kaki atau duduk di sofa dengan kaki di bawah Anda," saran Sidney Hagge-Cocke, PT, DPT, terapis fisik di Preferred Physical Therapy di Kansas City, Kansas.

"Ketika kita duduk dengan kaki bersilang, lebih banyak tekanan ditempatkan di sendi lutut kita yang dapat menyebabkan iritasi atau rasa sakit yang dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit saat bergerak maju," jelas Hagge-Cocke.

2. Rajin melakukan pemanasan dan pendinginan

"Selalu luangkan waktu untuk pemanasan cepat sebelum aktif. Ini bisa sesederhana melakukan beberapa latihan duduk berdiri, menendang kaki saat duduk, dan latihan berjinjit.

Baca Juga: Pseudogout, Radang Sendi yang Sering Dikira Asam Urat, Ini Gejalanya

Baca Juga: CDC Sebutkan Pemberian Disinfektan Tidak Perlu Sering Dilakukan, Cuci Tangan Lebih Utama

"Peregangan pendinginan sama pentingnya dengan pemanasan," tambah Hagge-Cocke. "Cobalah untuk menyelesaikan beberapa peregangan hamstring, quadriceps, adductor, dan IT band untuk terus menjaga fleksibilitas.