Find Us On Social Media :

3 Hal Menakjubkan Ini Bisa Dirasakan Tubuh Jika Minum Air Putih Saat Buka Puasa

Buka puasa dengan minum air putih punya banyak manfaat untuk kesehatan.

GridHEALTH.id - Tahukah, minum air putih saat buka puasa ternyata dapat memberikan manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh.

Selain karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, minum air putih nyatanya dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja dengan maksimal.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh AQUA, air putih dapat mencapai sel-sel tubuh kita dalam waktu lima menit setelah memasuki saluran pencernaan.

Dalam analisis ilmiah, lima menit pertama setelah orang minum, air akan mengalir ke sel-sel tubuh sehingga tubuh mulai terhidrasi.

Menurut Dr Diana Sunardi, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), tubuh manusia membutuhkan asupan air yang cukup agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik, terutama saat bulan Ramadhan.

“Saat puasa, pola asupan air otomatis berubah, padahal sistem metabolisme tubuh kita tetap bekerja seperti biasa."

"Oleh karena itu, sebaiknya kita tetap minum air putih minimal dua liter setiap hari atau sesuai kebutuhan kita, yang bisa dikonsumsi dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas di malam hari hingga menjelang tidur, dan dua gelas saat sahur,” kata dr Sunardi dikutip dari nowjakarta.co.id (14/5/2022).

Lantas, manfaat menakjubkan apa saja kah yang bisa didapat dari minum air putih saat buka puasa?

Berikut diantaranya.

Baca Juga: Manfaat 3 Butir Kurma untuk Buka Puasa, Seperti yang Disunnahkan Rosul

1. Memaksimalkan performa fisik

Setelah berbuka puasa, kita pastinya akan menjalankan ibadah selanjutnya, yaitu tarawih.