Find Us On Social Media :

Hari Pertama Puasa, Begini 5 Tips Menjalani Puasa Agar Tubuh Tetap Fit

Di bulan puasa kita tetap bisa fit dan bugar dengan berbagai cari.

GridHEALTH.id - Memikirkan puasa saja seharian bisa membuat kita betul-betul merasa  lapar. Tapi sejatinya puasa, baik untuk alasan kesehatan atau agama, bisa baik untuk Anda, kata Nizar Zein, MD, Direktur Pusat Penyakit Hati dan Transplantasi di Houston Methodist Hospital di Texas, Amerika Serikat.

“Sebenarnya ada berbagai cara untuk berpuasa,” katanya. “Terkadang puasa berarti menghindari jenis makanan tertentu, seperti karbohidrat atau lemak.

Ada juga yang berarti mengurangi kalori secara keseluruhan. Lalu ada jenis puasa ketika Anda tidak makan (atau kadang-kadang minum) sama sekali selama sehari atau lebih.”

Banyak agama mempromosikan beberapa bentuk puasa sebagai disiplin spiritual. Dan literatur medis menunjukkan manfaat puasa secara umum;

- Merangsang penurunan berat badan.

- Mengurangi peradangan dari kondisi kronis seperti radang sendi.

- Mengurangi tekanan darah tinggi

- Mengurangi kolesterol.

“Ada juga teori bahwa puasa berkala dapat membantu Anda hidup lebih lama, meningkatkan fungsi otak, dan mencegah penyakit neurodegeneratif,” kata Dr. Zein.

Baca Juga: Ini Cara Menyiasati Kantuk di Siang Hari Saat Puasa Minggu Pertama

Baca Juga: Healthy Move, Mempercepat Langkah Saat Jalan Kaki Dapat Memerangi Efek Gaya Hidup Sedentary

Jika kita merencanakan puasa tanpa makan sama sekali seperti halnya puasa di bulan Ramadan, Dr. Zein merekomendasikan lima tips ini untuk menjaga kesehatan dan tingkat energi;