Find Us On Social Media :

Bangun Kesiangan Tidak Sempat Sahur Boleh Puasa, Lakukan Ini Agar Tetap Fit

Luangkan waktu untuk istirahat sejenak seperti tidur siang jika sahur terlewatkan.

GridHEALTH.id -Dalam tradisi Islam, sahur dianggap dapat membawa berkah dan manfaat, salah satunya memberi kekuatan bagi orang yang berpuasa agar bisa menyelesaikan puasanya hingga magrib.

Sahur atau makan sebelum fajar adalah sunnah Nabi. Ini sebenarnya bukan fardhu puasa. Tapi kita ingin melakukan puasa dengan keunggulan dan kemampuan terbaik kita.

Maka tirulah Nabi Muhammad dan melakukan apa yang dia lakukan, termasuk sahur saat berpuasa.Rassululah berkata,  “Makanlah sahur (makan dini hari). Sesungguhnya, ada berkah di Sahur.” [Al-Bukhari dan Muslim]. Riyad As Shalihin Buku 9, Hadis 1229Dan dalam Sunan Ibn Majah 1692, diriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah berkata: “Makanlah sahur, karena di dalam Sahur ada berkah.”Namun ada kalanya kita kelewatan tidak makan sahur. Seringkali penyebabnya bangun kesiangan hingga lewat subuh.Lantas, jika tidak sahur apakah puasa bisa dilanjutkan atau tidak dan diganti di hari lain? Hal ini menjadi pertimbangan mengingat sahur menjadi anjuran Rasulullah bagi setiap orang yang akan berpuasa.Namun bagaimanapun juga, jangan sengaja melewatkan sahur karena ini adalah kesempatan Anda makan dan minum agar tubuh punya energi yang cukup untuk berpuasa dan menjalankan aktivitas lainnya.

Berikut adalah tips puasa tanpa sahur agar kita tetap tenang selama puasa dan tubuh bisa fit;

Baca Juga: Tidak Ada Nafsu Makan Saat Sahur, Coba Pilih Aneka Makanan Ini

Baca Juga: Penyandang Diabetes, Perlunya Menjaga Kadar Gula Darah Dalam Kisaran Target

1. Tetap tenang

Jangan panik karena menyesali terlambat bangun. Jika  panik, energi akan terbuang sia-sia dan bisa merusak mood sepanjang hari bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari.Cobalah menarik napas dalam-dalam dan perlahan agar pikiran menjadi tenang. Semakin dalam kita bernapas, semakin banyak oksigen mencapai sel-sel tubuh, sehingga membantu meningkatkan fungsi kerja organ pada tingkat optimal.2. Punya kegiatan terencana

Memiliki rencana harian membantu kita menghemat waktu dan tenaga untuk terhindar dari mengerjakan hal-hal yang bukan menjadi prioritas.

3. Luangkan waktu untuk beristirahat

Jika berpuasa, tak ada salahnya juga untuk meluangkan waktu istirahat. Ketika tubuh sudah merasa segar usai beristirahat beberapa menit, kita bisa kembali lagi pada pekerjaan.4. Tidur siang

Ketika tubuh terasa sangat lemas, cobalah tidur siang singkat. Siang menjelang sore bisa menjadi saat terberat selama Ramadan.