Find Us On Social Media :

5 Tips Tetap Segar Selama Puasa, Dari Hindari Gorengan Hingga Sempatkan Tidur Siang

Konsumsi makanan sehat di saat sahur dan berbuka agar tetap segar sepanjang hari.

GridHEALTH.id - Puasa satu bulan penuh saat Ramadan bisa membuat tubuh kerap merasa lemas dan kurang bertenaga. Bahkan, kita mungkin kerap mengantuk sehingga ingin rebahan saja seharian hingga Magrib saat waktu berbuka tiba.Namun, kebiasaan itu tak sebaiknya dipelihara. Puasa seharusnya tidak menjadi alasan tubuh bermalas-malasan.

Agar tubuh tetap segar selama puasa, terutama bagi pekerja lapangan dan kantoran yang sudah kembali aktif, begini tips menjalani puasa.

1. Luangkan tidur siang pada jam istirahat

Power nap dikatakan sebagai tidur yang dapat mengembalikan tenaga, dan tentu saja dapat digunakan untuk salah satu cara singkat supaya tetap bertenaga saat kerja.

Power nap tidak boleh lama. Cukup 25 menit sampai 30 menit saja. Supaya tidur tidak melebihi waktu apalagi sampai memakai jam kerja, karena itu gunakanlah alarm untuk penanda.

Melakukan power nap akan membuat tenaga kita kembali fresh, asalkan jangan berlebihan. Jika berlebihan malah bisa berakibat buruk bagi badan.

Sebab aktivitas biologis jadi terganggu, yang pada akhirnya justru mengurangi tenaga .

2. Penuhi kebutuhan cairan antara berbuka hingga sahur selesai

Baca Juga: Power Nap, Solusi Atasi Mengantuk di Siang Hari Saat Bulan Puasa

Baca Juga: Healthy Move, 5 Latihan Mengembalikan Bentuk Tubuh Pasca Sesar

Pastikan asupan 2,5 liter/hari tidak berkurang meski di bulan puasa. Sebabnya jika badan kurang terhidrasi secara baik, kita akan kehilangan tenaga serta kurang fokus saat kerja di siang hari.

Mengakibatkan badan jadi lemas, serta pekerjaan terbengkalai. Jadi, pastikan  minum air yang cukup saat berbuka, sebelum tidur serta sahur. Dengan begitu, tubuh kita memiliki energi yang cukup untuk kerja selama puasa.