Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Penyebab Sakit Kepala Usai Berolahraga dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala usai berolahraga disebabkan berbagai faktor.

GridHEALTH.id - Sakit kepala yang tejadi setelah berolahraga, atau bisa terjadi meski jarang, pada saat berolahraga dikenal sebagai sakit kepala aktivitas primer, atau sakit kepala olahraga primer.

Ini merupakan jenis sakit kepala yang dipicu oleh olahraga. Istilah "utama" dalam pengerahan tenaga atau sakit kepala olahraga ini berasal dari sakit kepala yang tidak disebabkan oleh kondisi atau gangguan lain, menurut American Migraine Foundation (AMF).

Meskipun sakit kepala karena aktivitas tidak begitu dikenal sebagai migrain atau sakit kepala karena stres, sakit kepala ini bisa sama menyakitkannya, berlangsung dari lima menit hingga 48 jam, dan sering digambarkan sebagai nyeri berdenyut bilateral (di kedua sisi kepala).

Sakit kepala karena aktivitas cenderung terjadi saat kita berkeringat paling banyak. Mereka disebabkan oleh peningkatan tekanan pada pembuluh darah di otak.

Latihan seperti bersepeda, berlari, atau angkat besi, biasanya merupakan jenis latihan yang lebih berat daripada yang dapat memicu sakit kepala karena aktivitas, menurut AMF.

Jika sakit kepala setelah berolahraga (atau selama berolahraga) adalah hal baru bagi kita, sebaiknya periksakan diri ke dokter yang dapat memberikan solusi masalah kesehatan yang mendasarinya, seperti penyakit jantung atau kondisi yang dapat menghalangi aliran cairan tulang belakang.

Tetapi jika kita secara teratur mengalami sakit kepala yang dipicu dari olahraga dan sehat, inilah yang menurut dokter harus kita lakukan jika kita mengembangkan salah satu dari penyakit ini, dan bagaimana mencegahnya datang kembali.

1. Berhenti dan segera lakukan pendinginan

"Olahraga dalam kondisi panas, lembab atau di tempat tinggi ketika tubuh  belum menyesuaikan diri dapat menyebabkan sakit kepala karena aktivitas," kata Clifford Stark, DO, spesialis kedokteran olahraga di New York City.

Baca Juga: Sakit Kepala, Ensefalopati ada di Antara Gejala Omicron Paling Umum Pada Anak-anak yang Dirawat di Rumah Sakit, Studi

Baca Juga: Berbuka Masih Lama, Begini Cara Jitu Menahan Lapar di Bulan Puasa

Jadi, sakit kepala karena aktivitas adalah masalah kita dan merupakan cara tubuh memberi tahu bahwa itu terlalu berlebihan, dan jika sakit itu menyerang, inilah saatnya untuk istirahat.