Find Us On Social Media :

Healthy Move, Latihan Terbaik Untuk Mengaktifkan Tiroid Agar Sehat

Yoga, salah satu olahraga yang disarankan untuk penderita gangguan tiroid.

GridHEALTH.id - Kelenjar tiroid yang kurang aktif, akan menyebabkan tubuh kita kekurangan hormon tiroid.

Kondisi ini disebut hipotiroid, di mana bisa memperlambat metabolisme tubuh, demikian menurut American Thyroid Association.

Salah satu gejala utama hipotiroid adalah tingkat energi yang rendah. "Penderitanya mungkin akan mengeluh sangat sulit untuk bangun pagi," kata Dr Bianco.

Mereka juga cepat lelah dan sering mengantuk sepanjang hari. Perlambatan metabolisme, juga dapat menyebabkan sensitivitas terhadap dingin serta berat badan melonjak tanpa sebab yang jelas.

Namun, beberapa orang dengan hipotiroidisme mungkin tidak mengalami penambahan berat badan.

Ada juga yang bertambah berat badannya, tapi sebenarnya yang bertambah adalah kadar air bukan berat badan yang sesungguhnya.

Selain gejala-gejala di atas, hipotiroid juga bisa menyebabkan berbagai efek tak terduga. Semisal depresi, ganggan memori, sembelit, kulit kering, rambut rontok, perubahan siklus menstruasi, infertilitas, dan kadar kolesterol tinggi.

Tetapi para ahli mengatakan bahwa aktivitas fisik dapat membantu kita merasa lebih baik. Jika kondisi tiroid kita terkontrol dengan baik,kita harus dapat melakukan aktivitas fisik yang sama seperti seseorang tanpa gangguan tiroid, kata John C. Morris, MD, profesor kedokteran dan endokrinologi di Mayo Clinic College of Medicine.Tetapi jika kita baru memulai rencana latihan atau jika masih menghadapi gejala, latihan aerobik berdampak rendah dan gerakan penguatan adalah yang terbaik.

Baca Juga: 5 Penyebab Haid Tak Kunjung Berhenti, Salah Satunya Gangguan Tiroid

Baca Juga: Kematian RA Kartini Masih Misteri, Hingga Kuat Dugaan Alami Preeklamsia

“Olahraga berdampak rendah tidak memberikan banyak tekanan,” kata Norma Lopez, MD, seorang profesor endokrinologi dan metabolisme di Loyola University Medical Center.

"Itu kuncinya, karena hipotiroidisme dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada otot dan persendian Anda."Lopez kemudian menyarankan latihan-latihan di bawah ini bagi mereka dengan gangguan tiroid;1. Berjalan: Salah satu latihan termudah untuk dilakukan. Yang dibutuhkan hanyalah sepasang sepatu yang nyaman. Itu membuat jantung memompa dan membakar sekitar 280 kalori per jam.