Find Us On Social Media :

Penyandang Diabetes Perlu Tahu, Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi di Pagi Hari

Waspadai gula darah yang bisa naik di pagi hari

GridHEALTH.id - Gula darah tinggi di pagi hari jadi salah satu masalah yang sering dialami penyandang diabetes.

Kondisi ini tentunya perlu diantisipasi penyandang diabetes, sebab gula darah yang tinggi dapat memicu munculnya komplikasi.

Dilansir dari laman my.clevelandclinic.org (25/5/2018), umunya gula darah tinggi di pagi hari disebabkan oleh konsumsi camilan tinggi karbohidrat sebelum tidur dan tidak cukup obat diabetes.

Namun ada dua alasan yang kurang diketahui mungkin menyebabkan kesengsaraan gula darah naik di pagi hari dan perlu diwaspadai yaitu fenomena fajar dan efek Somogyi.

Penyebab kadar gula darah naik di pagi hari ini adalah akibat dari perubahan dan reaksi tubuh penyandang diabetes yang terjadi saat mereka tidur.

Untuk fenomena fajar sendiri, ini diketahui sebagai kondisi ketika tubuh menggunakan glukosa (gula) untuk energi supaya dapat bangun di pagi hari.

Jadi untuk jangka waktu di pagi hari, biasanya antara jam 3 pagi dan 8 pagi, tubuh penyandang diabetes mulai mengeluarkan glukosa yang disimpan untuk mempersiapkan hari yang akan datang.

Pada saat yang sama, tubuh mereka melepaskan hormon yang mengurangi sensitivitas terhadap insulin.

Selain itu, peristiwa ini mungkin terjadi saat dosis obat diabetes yang diminum sehari sebelumnya berkurang.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, 6 Penyakit Kronis Ini Bisa Dideteksi dari Mata

Alhasil peristiwa ini dapat menyebabkan kadar gula darah tubuh penyandang diabetes meningkat di pagi hari (saat "fajar").

Sementara itu untuk efek Somogyi, ini kadang-kadang juga disebut hiperglikemia rebound.