Find Us On Social Media :

Berlebaran Aman Bagi Pasien Gangguan Ginjal, Hindari 10 Makanan Ini

Hindari menu lebaran yang menggunakan daging yang diawetkan seperti sosis, atau daging kemasan lainnya.

GridHEALTH.id - Salah satu penyakit yang dapat memicu gagal ginjal adalah diabetes. Dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, kadar gula darah tinggi yang berkepanjangan dapat merusak pembuluh darah, termasuk yang ada di ginjal. A

kibatnya, sekitar 1 dari 3 orang dewasa penderita diabetes juga menderita penyakit gagal ginjal.

Diet penyakit ginjal dan diabetes bervariasi berdasarkan stadium penyakit ginjal.

Tujuannya untuk mencegah penumpukan berbagai bahan kimia, nutrisi, dan produk limbah dalam darah guna menjaga fungsi ginjal. Orang dengan penyakit ginjal dan diabetes harus memantau asupan gula, natrium, kalium, dan fosfor.

Uumumnya, orang dengan penyakit ginjal sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari masing-masing 2.000 mg natrium dan kalium per hari dan tidak lebih dari 800–1.000 mg fosfor per hari.

Sebagai perbandingan, orang dengan ginjal yang sehat dapat memiliki hingga 4.700 mg kalium, 2.300 mg natrium, dan 1.250 mg fosfor per hari.

Orang dengan penyakit ginjal juga harus memantau asupan protein karena ginjal mungkin kesulitan menyaring produk limbah dari metabolisme protein.

Di sisi lain, penelitian lain berjudul “Dietary protein intake and chronic kidney disease” mengungkapkan bahwa orang dengan penyakit ginjal stadium akhir mungkin membutuhkan lebih banyak protein.

Kebutuhan nutrisi bagi penderita penyakit ginjal berbeda-beda tergantung seberapa parah penyakitnya.

Baca Juga: Menu Sahur Untuk Penderita Gangguan Ginjal Perlu Rendah Garam

Baca Juga: Pijat Sensual Sebagai Pemanasan Sebelum Berhubungan Intim, Hindari Lakukan 5 Hal Ini

Tetapi untuk amannya, di saat berlebaran nanti, untuk mencegah gangguan ginjal semakin berat, ada baiknya kita membatasi makanan-makanan ini waktu kumpul bersama;