Find Us On Social Media :

Healthy Move, 10 Cara Agar Kita Termotivasi Rajin Berolahraga

Biasakan diri dengan jadwal olahraga agar muncul motivasi.

GridHEALTH.id - Memulai olahraga menjadi hal yang sulit dilakukan. Apalagi bagi mereka yang sebelumnya jarang berolahraga.

Nyatanya, orang yang melakukannya secara rutin masih bisa kehilangan motivasi dan malas untuk mulai berolahraga setelah lama berhenti.

Cara terbaik untuk tetap termotivasi adalah membiasakan diri dengan jadwal olahraga yang teratur dan menetapkan tujuan sehat. Berikut sarannya seperti dikutip dari The British Journal of Sport Medicine;

1. Tetapkan tujuan yang sesuai dengan kemampuan kita. Mulailah dengan olahraga mingguan 2-3 kali selama 20-30 menit. Berikan juga jangka waktu yang wajar, misalnya turun 10 kg selama 3-4 bulan dengan tetap menjaga kesehatan.

2.  Buat catatan latihan. Agar motivasi berolahraga tidak kendor, cobalah buat rekor olahraga.  dapat membuat catatan di jurnal online atau menulisnya di buku catatan, untuk menunjukkan kemajuan setiap hari, minggu, atau bulan.

3. Olahraga bersama orang lain. Kebanyakan orang merasa lebih termotivasi ketika mereka berolahraga dengan teman dekat, pasangan, atau sesama penggemar olahraga.

Jadi, berlatihlah bersama setiap hari atau sesuai jadwal yang telah disepakati bersama. Jadikan mereka sebagai motivator yang saling menyemangati.

4. Lakukan aktivitas yang disuka. Cobalah untuk mencari olahraga baru yang menyenangkan, bukan hanya jogging saja atau angkat beban di gym.

Cobalah olahraga yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, seperti zumba, bola basket, atau bersepeda. Dengan begitu, kita bisa menghilangkan rasa bosan karena ada alternatif olahraga yang bisa kita lakukan.

Baca Juga: Healthy Move, Olahraga yang Dapat Dilakukan Setelah Berbuka Puasa

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Vaksin Influenza Kita Perlukan Setiap Tahun

5. Biasakan berolahraga setiap hari minimal 7 menit. Paksa diri  untuk melakukan olahraga setidaknya selama tujuh menit. Ini bisa menjadi referensi kecil yang membawa perubahan besar dalam hidup jika kita melakukannya secara teratur.