Find Us On Social Media :

5 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Kapan Harus ke Dokter?

Darah haid hitam bisa jadi tanda penyakit.

GridHEALTH.id – Setiap kedatangan tamu bulanan, seorang wanita mungkin mneyadari perubahan yang terjadi pada darah menstruasinya.

Darah menstruasi tak semuanya berwarna merah, ada juga yang berwarna merah gelap, kecoklatan hingga hitam.

“Warna darah haid bergantung pada berapa lama darah berada di rahim dan vagina,” kata Swapna Koilikonda, MD, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dikutip dari Cleveland Clinic.

“Semakin lama darah (ada di rahim dan vagina), semakin gelap warnanya karena darah teroksidasi. Kemudian bereaksi dengan oksigen di tubuh dan menjadi lebih gelap,” sambungnya.

Sehingga biasanya pada awal dan akhir menstruasi, wanita akan melihat darah haidnya berwarna hitam.

Selain karena tersimpan terlalu lama di dalam rahim, darah haid berwarna hitam juga bisa disebabkan oleh kondisi berikut ini, dilansir dari Flo Health.

1. Ada benda asing tersangkut di vagina

Darah haid hitam terkadang juga menjadi tanda adanya benda asing yang tersangkut di vagina, misalnya tampon yang lupa dikeluarkan.

Jika terlalu lama dibiarkan, ini akan mengiritasi dinding vagina dan menyebabkan terjadinya infeksi. Selain darah haid hitam, infeksi juga akan menimbulkan gejala seperti bau tidak sedap, gatal di area miss v, ruam, demam, sulit untuk buang air kecil, dan nyeri pinggul.

Baca Juga: Perut Kram dan Nyeri Saat Haid? Coba Hindari 5 Makanan Ini Meski Kepingin

Nah, jika warna darah haid hitam dan diikuti oleh gejala di atas, maka segera cari bantuan di layanan kesehatan.

2. Darah haid yang tertahan