Find Us On Social Media :

Kekurangan Vitamin D, Ini Cara Efektif Meningkatkan Saat Di Rumah

Selain dari sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan.

GridHEALTH.id - Tanpa terasa,sudah lebih dua tahun kita 'terkurung' di rumah karena pandemi Covid-19.

Banyak laporan telah menyarankan bahwa perubahan gaya hidup yang tiba-tiba dengan mengurangi paparan sinar matahari  dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan yang serius seperti kelelahan ekstrim, obesitas, dan yang paling penting beberapa kekurangan vitamin yang parah.

Salah satu yang paling umum adalah kekurangan vitamin D. Menurut para ahli, dengan paparan minimal sinar matahari, sumber utama Vitamin D, kita mempertaruhkan kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh kita.

Kekurangan akut dalam kekurangan vitamin D dapat menyebabkan efek buruk jangka panjang pada tubuh dan pikiran.

Vitamin D memainkan peran yang sangat penting dalam tubuh kita dan membantu tubuh untuk tetap terlindungi dari masalah kesehatan yang serius.

Peran penting dalam tubuh kita dengan menjauhkan seseorang dari masalah kesehatan seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, infeksi bakteri, gangguan kekebalan, penuaan cepat. , beberapa jenis kanker, dan multiple sclerosis.

Menurut para ahli, kekurangan vitamin D tidak selalu menunjukkan gejala yang mencolok, tetapi kekurangan yang akut dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan utama seperti kram otot,sakit punggung, kelelahan ekstrim, depresi dan serangan kecemasan.

Kekurangan vitamin D juga menyebabkan masalah tidur yang juga dapat menyebabkan gangguan tidur dan masalah lain yang berkaitan dengan masalah tidur.

Paparan sinar matahari adalah sumber terbaik Vitamin D. Seseorang harus berjemur di pagi hari setidaknya dua kali seminggu selama sekitar 15 hingga 20 menit.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan Nyeri Lutut

Baca Juga: Transfusi Darah untuk Penyandang Thalassemia Bisa Mencegah Komplikasi

Ada berbagai makanan yang kaya vitamin D seperti - minyak ikan cod, ketumbar, jeruk, yoghurt, keju, bawang putih, cokelat hitam, biji mustard hitam, jamur, kunyit, dan bawang putih Kashmir - yang dapat membantu meningkatkan kekebalan mereka secara alami.