Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Manfaat Pilates Bikin Kita Tergiur Untuk Melakukannya

Latihan pilates dapat dilakukan di rumah dengan manfaat memperkuat otot inti.

GridHEALTH.id - Belum banyak yang tahu bahwa pada awalnya pilates tidaklah diperhitungkan sebagai salah satu jenis olahraga.

Karena gerakan-gerakan di dalam pilates, sebenarnya diciptakan sebagai cara untuk membantu seorang penari mengatasi cederanya.

"Tujuannya adalah untuk memperbaiki cedera penari yang cenderung terjadi karena melatih pola motorik yang sama berulang-ulang,  dan pilates melatih silang para penari ini dengan berfokus pada penguatan otot inti mereka," kata Leanne Wonesh, pelatih atletik di Houston Methodist.

"Dengan otot perut, pinggul, dan gluteal yang lebih kuat, harapannya adalah para penari akan mengalami lebih sedikit cedera yang berlebihan."

Dan gerakan pilates yang diciptakan oleh Joseph Pilates pada 1920-an ternyata berhasil. Penari yang melakukan Pilates menderita lebih sedikit cedera seperti itu.

Popularitas Pilates tumbuh dari sana, dan tidak lama kemudian orang-orang menyadari bahwa siapa pun dapat memperoleh manfaat dari latihan berdampak rendah.

"Saat mempertimbangkan manfaat Pilates, prinsip yang sama berlaku untuk non-penari," kata Wonesh.

"Kita manusia cenderung hidup dalam satu bidang gerakan, melatih otot yang sama setiap hari. Gerakan berulang inilah yang membuat kita begitu dominan pada kaki dan dada.

Tujuan Pilates adalah untuk menyeimbangkan otot Anda dengan menargetkan dan memperkuat otot yang tidak Anda miliki.  Biasanya tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari Anda tetapi akan mendapat manfaat dari mereka menjadi lebih kuat."

Baca Juga: Healthy Move, Pilates di Rumah untuk Pemula Bikin Tubuh Lentur

Baca Juga: Sedang Jalani Kehamilan, Ria Ricis Sering Menangis, Begini 9 Cara Ibu Hamil Mengatasi Perubahan Suasana Hati

Dalam melatih seluruh tubuh, gerakan Pilates dirancang untuk menargetkan otot inti termasuk otot perut, otot pinggul, otot gluteal, otot punggung bawah dan atas dan otot paha bagian dalam