Find Us On Social Media :

Sedang Jalani Kehamilan, Ria Ricis Sering Menangis, Begini 9 Cara Ibu Hamil Mengatasi Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati yang wajar dialami ibu hamil sering membuat Ria Ricis menangis.

GridHEALTH.id - Mengandung anak pertama jadi hal cukup berat bagi YouTuber Ria Ricis. Sebab sejak awal kehamilan hingga kini usia kandungan menginjak 20 minggu, Ria Ricis masih merasa mual, pusing, dan sering muntah.

Kondisi tersebut membuat Ria Ricis jadi lebih emosional dan sering menangis. "Awal-awal aku kan kaget kan, yang waktu nangis itu kan aku nangisnya nangis banget, kaget sakitnya, soalnya tengah malam aja kebangun," ucap Ricis dikutip Kompas.com dari YouTube Oki Setiana Dewi, Rabu (23/02/2022).

Mendengar curhatan adik bungsunya, Oki Setiana Dewi menegaskan bahwa kekesalan Ricis di awal bukan ditujukan pada keberadaan calon bayi melainkan pada diri sendiri.

"Memang bersyukur, tapi kadang-kadang ketika kita menghadapi kesedihan itu kadang-kadang muncul tuh hal-hal, akhirnya jadi nangis, kesal, kenapa sih punya sifat yang seperti ini," ucap Oki.

Perubahan suasana hati adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehamilan. Tetapi itu tidak berarti tidak ada hal yang dapat kita lakukan untuk membuatnya sedikit lebih mudah.

Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya, dilansir dari American Pregnancy Association;

1. Bersabar dengan diri sendiri

Ini adalah salah satu yang besar. Satu-satunya hal yang lebih buruk daripada merasa buruk adalah merasa buruk tentang kenyataan bahwa kita merasa buruk.

Ingatlah bahwa kita tidak sendirian, dan menurut segi medis, hormon adalah penyebab sebagian besar dari apa yang ibu hamil rasakan, dan bahwa ini semua akan berlalu seiring waktu.

Baca Juga: 3 Langkah Melengkapi Nutrisi untuk Persiapan Kehamilan Sehat

Baca Juga: Sleep Apnea Pada Anak Berisiko Munculkan Gangguan Jantung Saat Dewasa

2. Bicaralah dengan pasangan dan keluarga