Find Us On Social Media :

Punya Peran yang Penting, Jaga Kesehatan Hati dengan 5 Makanan Ini

Makanan yang baik untuk jaga kesehatan hati di antaranya kacang-kacangan.

GridHEALTH.id – Menjaga kesehatan organ hati merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang.

Berada di sisi tubuh bagian kanan, organ hati mempunyai fungsi untuk mengatur sebagian besar kadar kimia dalam darah dan mengeluarkannya dalam bentuk empedu.

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, semua darah yang berasal dari lambung maupun usus, akan melewati organ hati.

Hati akan memporses darah tersebut dan memecah, menyeimbangkan, serta menyimpan nutrisi dan mematoblisme obat menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Pada dasarnya, organ hati mempunyai lebih dari 500 fungsi vital. Sehingga kesehatannya penting untuk dijaga.

Pasalnya, jika kesehatan organ hati terganggu, maka akan terjadi komplikasi seperti infeksi, kekurangan elektrolit, dan pendarahan. Tanpa pengobatan yang tepat, kondisi tersebut bisa berujung pada kematian.

Salah satu cara termudah untuk dilakukan dalam menjaga organ hati berfungsi normal adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan organ hati agar bisa bekerja dengan baik.

1. Jeruk Bali

Baca Juga: Sudahkah Si Kecil Mendapat Vaksin Hepatitis? Cegah Infeksi Peradangan Hati

Jeruk Bali mengadung antioksidan yang secara alami dapat melindungi liver. Dua jenis antioksidan yang bisa ditemukan dalam jeruk Bali yakni naringenin dan naringin.

Perlindungan yang diberikan oleh jeruk Bali dilakukan dalam du acara, dengan mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel. Beberapa studi juga menunjukkan antioksidan dapat membantu mengurangi pembentukan fibrosis hati.