Find Us On Social Media :

Orang Berkulit Gelap Cenderung Kekurangan Vitamin D, Ini Penyebabnya

Pigmen kulit gelap menghalangi produksi vitamin D di kulit.

GridHEALTH.id - Jika kita memiliki kulit gelap, pigmen melanin mengurangi kemampuan kulit untuk membuat vitamin D dari paparan sinar matahari. Beberapa penelitian menunjukkan orang dewasa dengan kulit lebih gelap berisiko tinggi kekurangan vitamin D.Padahal kegunaan vitamin D sangat penting bagi kesehatan.  Vitamin D dalam usus bisa memudahkan penyerapan kalsium, karena ia dapat meningkatkan permeabilitas dinding usus terhadap mineral, terutama kalsium, yang kemudian berpengaruh terhadap peningkatan kalsium dalam darah.Salah satu faktor penting dalam penyerapan kalsium adalah ketersediaan yang cukup dari vitamin D. 

Jika kekurangan vitamin D, maka fungsinya dalam metabolisme kalsium dalam tubuh, khususnya yang berkaitan dengan proses pengerasan tulang, tidak dapat berlangsung normal. Vitamin D dalam usus bisa memudahkan penyerapan kalsium, karena ia dapat meningkatkan permeabilitas dinding usus terhadap mineral, terutama kalsium, yang kemudian berpengaruh terhadap peningkatan kalsium dalam darah dan tabungan kalsium dalam tulang.

Baca Juga: Kekurangan Vitamin D, Ini Cara Efektif Meningkatkan Saat Di Rumah

Baca Juga: Teknik Baru Deteksi Kanker Kulit Melanoma, Ini Gejala yang Diwaspadai

Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk mengonsumsi cukup vitamin D.   Caranya mudah saja, yaitu dengan memanfaatkan sinar matahari yang sangat berlimpah di negara kita ini. Kita disarankan berjemur selama 15-20 menit, sebanyak 2 atau 3 kali seminggu.  Selain itu, upayakan mengkonsumsi makanan yang diperkuat oleh vitamin D seperti sereal dan kedelai.

Untuk mereka yang berkulit gelap, mungkin diperlukan tambahan dari suplemen vitamin D. Namun sebaiknya jumlah yang harus dikonsumsi harus dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Sebab, untuk efektivitas penyerapan kalsium  sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 500 gram kalsium sekaligus, karena tubuh hanya satu kali menyerap kalsium dalam jumlah besar.Cara lainnya yaitu dengan  mengkonsumsi kalsium pada malam hari, karena tulang kehilangan kalsium saat kita  tidur, sehingga dengan cara ini kehilangan kalsium dapat diminimalkan.

Baca Juga: Healthy Move, 10 Cara Agar Kita Termotivasi Rajin Berolahraga

Baca Juga: Alergi Makanan, Ini Berbagai Penyebabnya yang Perlu Diketahui 

Selain itu, sebaiknya jangan merokok, dan jangan mengkonsumsi sodium atau kafein, karena ketiganya akan mengurangi penyerapan kalsium. (*)