Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Membedakan Daging Sapi, Daging Babi dan Celeng

Hati-hati memilih daging agar tidak tertipu dengan jenisnya.

GridHEALTH.id - Berita penjual daging sapi tetapi yang dijual daging babi masih saja marak dan menjadi sorotan.

Ingat, setahun lalu di Kabupaten Bandung, ada yang menjual 63 ton daging sapi yang ternyata adalah daging sapi.

Karena harganya lebih murah, memang daging babi yang sering digunakan sebagai produk curang untuk menipu pembelinya adalah daging celeng atau babi hutan. Hal ini dibenarkan oleh Executive Chef at AMUZ Gourmet Restaurant. APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant, Stefu Santoso.

"Bisa jadi (pakai daging celeng), karena daging celeng harganya sangat murah serta tekstur, warna, dan bau sangat mirip dengan daging sapi," jelas Stefu saat dihubungi dikutip dari Kompas.com, Selasa (12/05/2020).

Ia juga mengatakan jika daging babi ternak memiliki harga yang terbilang mahal. Harga daging babi ternak per kilogram nyaris sama dengan harga per kilogram daging sapi.

Satu kilo daging babi ternak dihargai sekitar Rp 80.000, sedangkan harga satu kilogram daging sapi dihargai Rp 100.000.

Sementara daging celeng biasanya lebih murah, karena tidak umum dikonsumsi. Stefu mengatakan jika daging celeng dan daging sapi yang sudah dimasak teksturnya sangat mirip sehingga sangat sulit dibedakan.

Untuk membedakannya dapat terlihat dari warna, tekstur, dan bau selagi daging masih mentah. Selain ketiga faktor tersebut, harga juga memengaruhi.

Tetap sangat sudah dimasak, daging celeng dengan daging sapi sama-sama dimasak dengan bumbu dan rempah yang kaya, maka akan sangat sulit untuk membedakannya.

Baca Juga: Ingin Mengurangi Dampak Pemanasan Global, Aktor Leonardo DiCaprio Investasi Bikin Pabrik Daging Budidaya yang Dikembangkan di Laboratorium

Baca Juga: Ada Orang yang Secara Genetik Kebal Terhadap Covid-19, Studi

Sebut saja jika dimasak menjadi rendang, bau amis dari celeng akan tertutup dengan rempah dan bumbu.