Find Us On Social Media :

Ini Dia, 6 Kondisi yang Membuat Peluang Kehamilan Jadi Kecil

Periode haid membuat peluang kehamilan jadi kecil.

GridHEALTH.id - Banyak wanita menghabiskan sebagian besar masa subur mereka secara aktif berusaha untuk tidak hamil, jadi mungkin mengejutkan mengetahui bahwa pembuahan tidak semudah itu.

Memang, ada jendela yang relatif pendek selama siklus wanita (sekitar 48 jam) yang ideal untuk hamil, apakah dia menggunakan kontrasepsi atau secara aktif mencoba, kata Anate Brauer, M.D., ahli endokrinologi reproduksi di Greenwich Fertility and IVF Centers dan asisten profesor OB-GYN di NYU School of Medicine.

Menurut American Pregnancy Association, seorang wanita berusia 30 tahun yang sehat memiliki peluang 20% untuk hamil setiap bulan dengan seringnya berhubungan seks tanpa kondom.

Ketahuilah, ada beberapa kondisi yang menghasilkan peluang paling kecil,berikut kondisinya;

1. Menggunakan alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi, apakah itu pil, patch, cincin, implan, IUD, atau suntikan (Depo-Provera)—sangat mengurangi peluang kita untuk hamil.

Metode ini bekerja dengan berbagai cara; misalnya, IUD menghalangi sperma mencapai sel telur, sedangkan kontrasepsi hormonal (seperti pil, cincin, dan patch) mencegah perekrutan sel telur yang matang, jelas Dr. Brauer.

Intinya jika menggunakan alat kontrasepsi dan mengikuti semua instruksi, maka peluang kita untuk hamil umumnya kurang dari 1%.

2. Sedang menstruasi

Baca Juga: 6 Pengobatan Rumahan Mengatasi Kulit Gatal Selama Masa Kehamilan

Baca Juga: Healthy Move, 3 Latihan Aerobik yang Dapat Mengoptimalkan Kerja Otak

Memang tidak ada larangan berhubungan seks pada saat menstruasi, tetapi kemungkinan untuk hamil sangat rendah. Risiko persisnya tergantung pada panjang siklus kita.