Find Us On Social Media :

Puasa dari Media Sosial Menurunkan Kecemasan dan Depresi, Studi

Puasa satu minggu saja dari media sosial dapat hindari cemas dan depresi.

GridHEALTH.id - Bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar dari kita hidup terpaku pada ponsel kita. Padahal di media sosial, lebih banyak kehidupan palsu yang ditampilkan, yang ujung-ujungnya mengarah pada depresi dan kecemasan dalam jangka panjang.

Baru-baru ini, sebuah penelitian menyebutkan, beristirahat dari media sosial yang diibaratkan detoksifikasi  selama seminggu dapat mengurangi depresi dan kecemasan.

Laporan itu termuat dalam makalah, "Mengambil Istirahat Satu Minggu Dari Media Sosial Meningkatkan Kesejahteraan, Depresi, Dan Kecemasan - Percobaan Kontrol Acak (Taking A One-Week Break From Social Media Improves Wellbeing, Depression, And Anxiety – A Randomised Control Trial), yang diterbitkan dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior and Social Networking di April 2022.

Orang-orang yang beristirahat dari platform seperti TikTok, Instagram, Twitter dan Facebook selama tujuh hari melaporkan peningkatan rasa sejahtera, sebuah studi oleh University of Bath di Inggris pada Februari 2022 menemukan.

Peneliti membagi sampel 154 orang berusia 18 hingga 72 tahun menjadi dua kelompok. Salah satunya dilarang dari media sosial sementara yang lain tidak. Rata-rata, peserta menggunakan media sosial selama delapan jam seminggu.

Peserta ditanyai tentang tingkat kecemasan dan depresi dasar mereka, dan rasa kesejahteraan mereka, menggunakan tiga tes yang diakui.

Mereka diminta untuk menilai persetujuan mereka dengan pernyataan seperti "Saya merasa optimis tentang masa depan" dan "Saya telah berpikir jernih" untuk mengukur kesejahteraan.

Untuk mengukur depresi, peserta ditanyai pertanyaan termasuk "seberapa sering selama dua minggu terakhir Anda terganggu oleh sedikit minat atau kesenangan dalam melakukan sesuatu."

Kecemasan dipantau menggunakan Skala Gangguan Kecemasan Umum (General Anxiety Disorder Scale) , yang menanyakan seberapa sering seseorang terganggu oleh perasaan gugup atau gelisah, atau ketidakmampuan untuk berhenti khawatir.

Baca Juga: Ramai TikTok Challenge Membekukan Madu Serasa Makan Permen, Ini Dampaknya Pada Kadar Gula Darah dan Pencernaan Kata Ahli

Baca Juga: Healthy Move, Ini Dia 5 Latihan Peregangan Mudah Untuk Lansia

Mereka yang mengambil istirahat satu minggu dari media sosial melihat kesejahteraan mereka naik dari rata-rata 46 menjadi 55,93 pada Skala Kesejahteraan Mental Warwick-Edinburgh.