Find Us On Social Media :

Healthy Move, 6 Manfaat Luar Biasa Gerakan Sederhana Pose Kobra

Pose kobra yoga Bhujangasana salah satu manfaatnya menguatkan tulang punggung.

GridHEALTH.id - Pose kobra atau cobra pose atau Bhujangsana sering dilakukan dalam serangkaian yoga Asana, tetapi sebenarnya banyak juga manfaatnya jika dilakukan sebagai latihan tunggal.

Berikut adalah 6 manfaat yang bisa kita dapatkan jika meluangkan waktu sejenak melakukan pose kobra. Di pagi hari setelah bangun tidur, atau di malam hari menjelang tidur;

1. Dapat mengurangi gejala depresiSebuah studi tahun 2017 menemukan peningkatan gejala yang signifikan secara statistik pada orang yang mengalami depresi ringan hingga sedang setelah mereka mengambil bagian dalam program yoga Hatha dimana pose kobra menjadi bagian dari progaram ini.Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa latihan yoga yang berkelanjutan atau jangka panjang berkontribusi pada perbaikan gejala depresi.2. Dapat meredakan nyeri punggung bawahSebuah tinjauan tahun 2020 dari banyak penelitian yang melihat efek yoga pada nyeri punggung bawah menemukan peningkatan gejala yang signifikan secara statistik.Salah satu penelitian tersebut menunjukkan bahwa berlatih yoga, termasuk pose kobra selama 12 minggu membantu meningkatkan nyeri punggung bawah yang dilaporkan sendiri dan kecemasan yang datang dengan nyeri kronis.

Baca Juga: Healthy Move, 3 Gerakan Yoga Terbaik Untuk Atasi Kram Menstruasi

Baca Juga: Puasa dari Media Sosial Menurunkan Kecemasan dan Depresi, Studi

Studi tersebut menyebutkan bahwa perubahan fisik pada cakram intervertebralis, yang diukur dengan MRI, tidak cukup signifikan secara statistik untuk dilaporkan, tetapi pengalaman yang dilaporkan sendiri oleh peserta dengan pereda nyeri patut dicatat.

Aksesibilitas pose kobra dapat menjadikannya pengobatan alternatif atau pelengkap yang hemat biaya untuk terapi fisik atau farmakoterapi

3. Dapat meningkatkan harga diriBanyak orang berlatih yoga untuk mengurangi stres dan kecemasan, tetapi penelitian juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam harga diri.Ini mungkin benar bahkan sejak usia muda, karena satu penelitian kecil tahun 2019 menemukan peningkatan harga diri yang signifikan pada anak usia sekolah setelah mereka berlatih yoga setiap hari selama 4,5 bulan.Menurut sebuah studi kecil tahun 2020, yoga dapat sangat membantu untuk remaja saat ini.Secara keseluruhan, remaja mengalami tingkat depresi dan kesepian yang lebih tinggi, kemungkinan karena meningkatnya penggunaan media sosial, yang semuanya memengaruhi harga diri.Studi ini menemukan bahwa peserta yang berlatih yoga telah meningkatkan regulasi emosi dan harga diri dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan yoga.

4. Dapat mengurangi peradangan

Baca Juga: Hanya dengan Sedikit Perubahan Gaya Hidup, Penyandang Diabetes Bisa Panjang Umur

Baca Juga: 5 Alasan Wanita Wajib Menggunakan Minyak Lavender, Mencerahkan Kulit