Find Us On Social Media :

10 Tanda Gangguan Kesehatan Mental yang Perlu Diketahui, 5 Selebriti Indonesia Mengalami

Kecanduan adalah salah satu tanda signifikan dari gangguan kesehatan mental. Ambil bantuan profesional sejak dini.

GridHEALTH.id - Menurut sebuah studi skala besar 2017 yang diterbitkan di Lancet, 264 juta orang mengalami depresi di seluruh dunia.

Tetapi gangguan kesehatan mental jauh lebih dari sekadar depresi. Studi yang sama memperkirakan bahwa tantangan psikologis seperti demensia dan gangguan bipolar mempengaruhi masing-masing 50 juta dan 45 juta orang di seluruh dunia.

Tantangan kesehatan mental umum lainnya termasuk gangguan kecemasan, gangguan bipolar, autisme, dan sebagainya.Sayangnya, sebagian besar gangguan ini tidak diketahui dan karena itu tidak diobati untuk waktu yang lama.

Akses yang terlambat ke pengobatan secara alami menurunkan kemungkinan penyembuhan. Jadi kita perlu mengenali tanda-tanda awal agar bisa mencari bantuan profesional di waktu yang tepat.

Dikutip dari The Lancet, inilah beberapa tanda awal gangguan kesehatan mental. Segera cari bantuan profesional jika mengalami satu atau dua lebih tanda-tanda ini;

1. Enggan bertemu orang

Jika kita memisahkan diri dari orang-orang di sekitar ini dan berlangsung cukup lama, bisa jadi ini merupakan sinyal gangguan kesehatan mental.

Konsultasikan dengan terapis jika kita sering membatalkan ketemu dengan orang, malas menghadiri pertemuan,dan  menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian untuk jangka waktu yang sangat lama. Kita bahkan mungkin merasa sulit untuk menanggapi panggilan telepon atau pesan.

Baca Juga: Perfeksionis Cenderung Memiliki Gangguan Kesehatan Mental, Studi

Baca Juga: Temuan Menyebutkan Faktor Lingkungan Berpengaruh Pada Munculnya Gay dan Lesbian, Bisakah Disembuhkan?

2. Kecemasan

Stres dan kecemasan adalah bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari, terutama di abad ini dengan kecepatan yang sangat tinggi dan persaingan yang ketat di hampir setiap bidang kehidupan.

Namun, jika stres sering kali mengganggu kehidupan fungsional kita atau kecemasan memengaruhi kesehatan, mungkin inilah saatnya untuk pemeriksaan kesehatan mental.